Kapolri Harapkan Fatwa MUI Mempertimbangkan Kebhinekaan Indonesia
Sumber: Kompas.com

Nasional / 19 December 2016

Kalangan Sendiri

Kapolri Harapkan Fatwa MUI Mempertimbangkan Kebhinekaan Indonesia

Puji Astuti Official Writer
4204

Adanya  Fatwa nomor 56 Tahun 2016 oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat ini menjadi dasar untuk beberapa ormas melakukan sosialisasi yang membuat masyarakat terintimidasi, terlebih pihak kepolisian seperti memfasilitasi tindakan tersebut. Merespon hal tersebut Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan bahwa pihaknya akan berkordinasi dengan MUI agar setiap Fatwa yang dikeluarkan agar melihat sisi kebhinekaan dan keberagaman di Indonesia.

"Nanti saya akan koordinasi dengan MUI, saya akan meminta agar setiap Fatwa yang dikeluarkan harus juga mempertimbangkan keberagaman dan kebhinekaan Indonesia," kata Tito di Kampus Universitas Negeri Jakarta, Senin (19/12/2016) seperti dirilis oleh Tribunnews.com.

Tito menegaskan bahwa kejadian sweeping yang dilakukan Ormas di beberapa tempat, atas nama sosialisasi Fatwa MUI, tidak dapat dibenarkan karena telah menyebabkan keresahan di masyarakat.

"Tidak perlu harus membawa massa yang begitu banyak. Kan ada media, ada undangan. Tidak perlu harus sampai melakukan sweeping," tegasnya.

Adapun salah satu isu sensitif dari fatwa MUI tersebut adalah himbauan agar umat Islam tidak menggunakan atribut-atribut non muslim. Fatwa ini muncul karena menurut Ketua Umum MUI Marif Amin ada keluhan terjadinya pemaksaan kepada pegawai muslim untuk menggunakan atribut tertentu pada perayaan hari raya non muslim. 


Sumber : Tribunnews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami