Bagaimana Wanita Modern Kristen Harusnya Berbusana yang Pantas?
Sumber: Elle.com

Single / 9 December 2016

Kalangan Sendiri

Bagaimana Wanita Modern Kristen Harusnya Berbusana yang Pantas?

Lori Official Writer
8446

Sebagai seorang wanita modern Kristen, saya sering kali galau saat hendak memilih busana yang akan dikenakan. Saya selalu bertanya pada diri sendiri, “Apakah atasan yang ini terlalu terbuka?” atau “Apakah pakaian saya menyukakan hati Tuhan?” “Apakah gaun ini cukup sederhana?” Semakin saya bertanya pada diri sendiri, saya malah makin bingung dan memutuskan untuk memakai pakaian yang nyaman menurut saya.

Namun, terus menerus mempertanyakan soal hal ini dan tidak berusaha mencari jawabannya bukanlah solusi tepat. Sebagai perempuan, kita punya hak untuk terlihat cantik dan mengakui diri sendiri sebagai sosok yang indah. Tapi bagaimana pun kita tentu tidak bisa mengabaikan pesan firman Tuhan tentang bagaimana seorang wanita Kristen sepantasnya berbusana.

Salah satu faktor penentu penampilan busana wanita di jaman ini berasal dari industri fesyen itu sendiri. Industri-industri fesyen ini akan selalu mengeluarkan koleksi-koleksi terbaru yang mendorong kaum hawa untuk memilikinya dan terlihat tampil lebih kekinian. Tak peduli apakah pakaian itu sesuai atau mejadi kebutuhan bagi mereka. Selain itu faktor tekanan dari masyarakat juga mendorong para wanita berlomba-lomba untuk tampil lebih trendy. Masyarakat seperti menuntut para perempuan untuk berdandan sesuai dengan tren yang sedang booming. Apakah isi lemari kita akan terlihat kusam saat kita tidak ikut-ikutan? Jika kita tidak ikut-ikutan, apakah tren fesyen yang kita kenakan mampu meningkatkan citra diri kita?

Sebelum saya membagikan tips bagaimana wanita Kristen berbusana yang pantas, ijinkan saya membagikan satu hal penting ini. Sebagian diantara kalian mungkin sudah tahu, manusia diciptakan berbeda dan ada bagian-bagian yang sama sekali tidak bisa kita ubah, misalnya postur tubuh kita (tinggi badan), bentukwajah dan sebagainya. Meskipun kita tidak bisa mengendalikan diri secara genetik, tapi kita bisa mengendalikan penampilan kita dan inilah yang seharusnya tidak kita salah gunakan.

Jika Anda ingin benar-benar tahu bagaimana caranya berbusana yang pantas bagi wanita Kristen pada umumnya, 5 hal ini bisa jadi panduan bagi Anda:

1. Perkuat Inner Beauty

Mempercantik tampilan dalam jauh lebih penting daripada hanya mempercantik bagian luar diri saja. Biasanya wanita lupa dengan inner beauty yang dimilikinya karena terlalu berfokus pada apa kata orang dan ketidakpercayadirian para wanita akan penampilannya. Renungkanlah 1 Petrus 3: 4 yang berkata, “…tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.”  Ayat ini mengingatkan kita bahwa kecantikan abadi ada dalam kedamaian batin dan kelemah lembutan. Bukan dalam busana yang Anda kenakan.

2. Pilih Gaun yang Sopan

Seberapa sederhanakah sebuah busana sehingga dia tampak sederhana? Berapa sering lengan dan paha Anda harus terlihat? Orang-orang Kristen mungkin akan berdebat soal standar kesopanan berbusana. Tetapi tak akan ada satu jawaban pun yang benar. Karena semua orang memiliki pendapatnya sendiri soal kesopanan. Standar sederhana menurut saya mungkin tidak sama dengan standar sederhana bagi orang lain.

Biarkan saya membagi cerita soal teman saya yang hadir dalam sebuah pelayanan gereja dan mengenakan gaun tanpa lengan. Secara pribadi, saya pikir gaun itu tampak lucu dan tidak terbersit sedikitpun dibenak saya jika beberapa orang akan merasa risih dengan busana teman saya tersebut. Dan keesokan harinya, teman saya menghubungi saya dan mengatakan bahwa salah satu anggota gereja meminta dia agar berbusana lebih sopan karena busana yang dikenakannya tempo hari sama sekali tidak pantas. Untuk menghindari argumen tersebut, dia pun meminta maaf.

Jadi, jika opini tentang kesopanan saja begitu beragam, bagaiamana kita bisa mengatasi persoalan standar busana apa yang pantas dipakai? Pertama, fokuslah kepada inner beauty Anda. Kedua, jika Anda memang senang mengenakan busana yang sedikit terbuka dan merasa bahwa hal itu masih terbilang sederhana, maka percaya dirilah dengan apa yang Anda kenakan.

3 Tingkatkan Harga Diri Anda

Poin terakhir yang perlu saya bagikan tentang gaya berbusana yang pantas bagi para wanita Kristen adalah meningkatkan harga diri. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada kekuatan ketika Anda mengendalikan cara pandang Anda. Karena Anda memiliki pilihan untuk berdandan dengan cara yang mencerminkan bagaimana Anda menghargai diri sendiri.

Fesyen atau penampilan luar, seperti yang selalu dikatakan, adalah cerminan perasaan dan gambar diri. Anda adalah artis bagi diri Anda sendiri saat Anda memilih untuk sedikit berdandan. Jadi jangan takut untuk melihat perasaan di dalam diri Anda, yaitu rasa percaya diri dan pikiran positif.

Sebelum saya menyudahi artikel ini, saya tergerak untuk membagikan ayat Kolose 3 : 12 yang berisi, “Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

Isilah hati, pikiran dan roh Anda dengan hal-hal yang ilahi dan biarkan busana Anda mencerminkan keindahan dan terang yang ada di dalam diri Anda sendiri. Teruslah pancarkan sinar dan terang Anda kepada orang-orang di sekitar!

Sumber : Azalea Pena/Christiantoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami