Angelia Agatha

Official Writer
4005


Kasus pendugaan makar yang belakangan ini terjadi di Indonesia membuat kita sebagai orang percaya berpikir, apakah orang Kristen boleh melakukan makar? Apakah kita harus menuruti hukum pemerintah meskipun salah?

Dalam 1 Petrus 2:13-14 dengan jelas dituliskan bahwa kita harus tunduk pada penguasa oleh karena Allah. “Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.”

Terdapat dua rasul yang mengajarkan mengenai taat hukum, yaitu versi Rasul Petrus dan Versi Paulus. Dari kedua versi tersebut kita dapat belajar bagaimana cara bersikap tunduk kepada penguasa.

Petrus mengajarkan baiknya kita sebagai umat Allah memberikan apa yang patut diberikan bagi Raja (pemerintahan), maksudnya dari iuran-iuran kecil di lingkungan kita hingga pajak-pajak negara yang harus kita bayar. Mari kita bandingkan dengan pengajaran oleh Paulus dalam Roma 13:1-7.

13:1 “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang diatasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

13:2 Sebab itu barang siapa yang melawan pemerintah, ia melawan keketapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

13:2 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.

13:4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

13:5 Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita.

13:6 Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalaj pelayan-pelayan Allah.

13:7 Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

Sebagai orang Kristen kita biberi mandat untuk taat kepada pemerintah. Namun, bagaimana jika pemerintah melakukan hal yang tidak baik di mata Allah? Apakah kita harus mengikuti pemerintah yang ingin kita berbuat jahat?

Dalam Titus 3:1-2 dijelaskan bahwa, “Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik. Janganlah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.”

Dari firman tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kita memang diperintahkan untuk tunduk kepada pemerintah, namun untuk melakukan hal-hal baik saja dan bukan perkara jahat.

Rasul Petrus menjelaskan dalam Kisah Para Rasul 4:19, “Silahkan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: taat kepada kamu atau taat kepada Allah.” Dan juga di dalam Kisah Para Rasul 5:29, “Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: “Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.””

Taat kepada Allah merupakan hal yang mutlak, namun kita juga harus tunduk kepada otoritas pemerintah yang membawa kebaikan mengingat tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Allah. Namun, kita hanya diperintahkan untuk melakukan hal yang baik saja. 

Sumber : sarapanpagi.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

advertise with us