6 Cara Mendorong Anak Berani Bermimpi Besar (Part 2)

6 Cara Mendorong Anak Berani Bermimpi Besar (Part 2)

Lori Official Writer
3436

Jika di artikel bagian pertama, setiap orangtua sudah menemukan tiga ide penting bagaimana cara untuk mendorong anak untuk berani bermimpi besar. Di artikel kedua ini, saya akan bagikan tiga cara lain untuk membantu Anda untuk bisa mengambil peran maksimal dalam mendukung tujuan hidup, pilihan dan masa depan anak-anak Anda.

Biarkan Anak Mendapatkan Kebebasan

Tanpa disadari banyak orangtua yang menjadi cenderung berlebihan ketika mendukung anak-anak untuk sampai pada impian mereka sendiri. Tak ada yang salah dengan dukungan Anda setiap hari bagi mereka, tapi menjadi berlebihan hanya akan membuat mereka hanya akan meraih impian untuk orangtuanya, bukan lagi untuk diri mereka sendiri. Alih-alih membuat anak menjadi frustrasi, lebih baik belajar untuk memberikan mereka kebebasan dan melihat apakah anak Anda benar-benar mengejar impiannya karena dorongan keinginan hatinya atau hal lain.

Jadilah Orangtua Pejuang yang Pantang Menyerah

Monica, yang kini memiliki anak usia remaja mengatakan, “Ibuku terus menerus menginspirasi aku untuk mengalahkan kemungkinan dan pantang menyerah, tidak begitu banyak kata-kata yang dia ucapkan, tetapi dia menunjukkannya dengan cara hidupnya. Dia menginspirasi aku untuk tidak membiarkan ketakutan melebihi dari mimpiku dan mengejar mimpi yang telah diletakkan Tuhan di dalam hatiku.”

Apakah anak-anak Anda sudah melihat bahwa orangtuanya benar-benar berjuang mengejar impian mereka? Jika tidak, apa yang bisa Anda lakukan untuk menjadi role model untuk menanamkan keyakinan kuat seperti yang dipercayai Monica, bahwa anak-anak Anda bisa mencapai impian mereka asalkan tetap mempercayai Tuhan bekerja di dalamnya.

Undang Tuhan Bekerja Atas Hidup Anak-anak Anda

Seorang ibu berkata, “Aku sedikit takut saat putriku mengatakan minatnya untuk mengambil sekolah akting di Hollywood setelah lulus SMA. Aku sangat khawatir tentang banyak hal, ‘bagaimana jika...’ dan apakah itu adalah tempat terbaik untuknya? Tapi Tuhan akhirnya menyampaikan bahwa Dia telah memberikan keinginan di dalam hati putriku dan aku tidak perlu menjadi orang yang terus meperdebatkan atau meyakinkan diri tentang hal ini.”

Jika anak-anak Anda memiliki impian yang tampak membuat Anda khawatir, sampaikan ketakutan itu kepada Tuhan. Filipi 4 : 6 -7 bisa menjadi ayat penguat bagi Anda. “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Doakanlah setiap impian besar anak-anak Anda setiap hari. Minta Tuhan untuk terus membawa mereka kepada tujuan hidup yang sditaruhkan di dalam hati mereka. Dan percayalah bahwa Tuhan sudah merancangkan jalan-jalan yang besar dan luar biasa atas hidup anak-anak Anda.

Sumber : Crosswalk.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami