Pemandu Mencapai Impian
Sumber: www.botanicalnutrition.com

Kata Alkitab / 8 October 2016

Kalangan Sendiri

Pemandu Mencapai Impian

Lori Official Writer
3726

Sir Edmund Hillary adalah pendaki gunung pertama yang berhasil berdiri di puncak Gunung Everest. Keberhasilan Sir Edmund Hillary pada saat itu sangat fenomenal mengingat baru berakhirnya Perang Dunia II dan menjadi semacam inspirator untuk mengembalikan kepercayaan diri bagi seluruh bangsa di dunia. Karena keberhasilannya, Sir Edmund Hillary mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris yang baru saja dilantik saat itu Ratu Elizabeth II dan menjadi orang yang paling dikenal di seluruh dunia.

Namun, dibalik dari kesuksesan itu ada sosok yang bernama Tenzing Norgay yang merupakan penduduk asli Nepal yang berprofesi sebagai pemandu bagi para pendaki puncak tertinggi dunia itu. Tenzing Norgay lah yang memandu Sir Edmund Hillary hingga berhasil tiba di puncak pada 29 Mei 1953. Dia dan Edmund berhasil menaklukkan puncak Everest dengan ketinggian 29.028 kaki di atas permukaan laut dan menjadi orang pertama dunia yang berhasil ke puncak setelah tujuh tim ekspedisi di tahun-tahun sebelumnya selalu gagal. Keberhasilan itulah pun menginspirasi dan menyemangati ratusan pendaki berikutnya.

Keberhasilan yang membesarkan nama Edmund itu sebenarnya tidak terlepas dari peran besar dari Tenzing. Namun dia tetap saja tidak mendapatkan pujian dan penghargaan yang seperti diterima oleh Edmund.

Sesaat setelah keduanya kembali dari puncak Mount Everest, hampir semua reporter dunia berebut mewawancarai Edmund. Namun hanya ada satu reporter yang mewawancarai Tenzing Norgay. Seperti ini cuplikan wawancara pada saat itu:

Reporter : Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia?

Tenzing Norgay : Sangat senang sekali..

Reporter : Andakan seorang Sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary, tentunya posisi Anda berada di depan dia, bukankah seharusnya Anda yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak Mount Everest ?

Tenzing Norgay : Ya, benar sekali, pada saat tinggal satu langkah mencapai puncak, saya persilakan dia (Edmund Hillary) untuk menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama di dunia yang berhasil menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi di dunia….

Reporter : Mengapa Anda melakukannya?

Tenzing Norgay : Karena itulah IMPIAN Edmund Hillary,  bukan impian saya. Impian saya hanyalah berhasil membantu dan mengantarkan dia meraih IMPIAN nya.

Dari percakapan di atas kita jelas memahami bahwa seorang Tenzing Norway menempatkan dirinya tepat pada tujuannya. Hal ini mengingatkan kita tentang peran kita sebagai jawaban doa bagi orang lain. Itulah yang juga dilakukan Yesus dalam hidup kita, yaitu datang ke dunia untuk memandu kita hidup dalam kebenaran dan mencapai kehidupan kekal.

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami