5 Hal yang Dibutuhkan Hubungan Sehat
Sumber: Womansday.com

Marriage / 7 October 2016

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Dibutuhkan Hubungan Sehat

Budhi Marpaung Official Writer
3228
Semua orang pada dasarnya menginginkan pernikahan yang bahagia. Bersama dengan pasangan, mereka berharap bisa menjalani biduk rumah tangga selamanya. Namun, sadar atau tidak ini tidak bisa langsung berjalan otomatis.

Sebuah pernikahan yang harmonis tidak terjadi begitu saja. Setiap orang yang mengambil peran di dalamnya harus aktif dan memastikan apa yang dibutuhkan untuk membuat ikatan di antara mereka kuat terpenuhi. Hubungan yang perlu dibangun adalah hubungan yang sehat.  

Berikut adalah 5 hal yang dibutuhkan agar hubungan yang terjalin adalah hubungan yang sehat:

1. Hubungan yang sehat membutuhkan keamanan

Kita tidak akan berbagi perasaan jika kita tidak percaya dan merasa aman. Kita harus merasa aman dari perasaan dihakimi, ditertawakan, atau disalahkan, Untuk menjaga komunikasi aman, kita harus mengelola emosi, menciptakan ruang tenang, mempertahankan kontak mata, mengawasi nada suara, dan menunjukkan antusias dengan apa yang pasangan kita katakan.

2. Hubungan yang sehat membutuhkan kasih sayang

Alkitab dengan jelas menunjukkan pentingnya kasih sayang. “Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,” (I Petrus 3:8). Kualitas ini membentuk dasar dari kasih sayang dan menciptakan aliran suasana yang aman dan efektif.

3. Hubungan yang sehat membutuhkan kerendahan hati

Tidak ada hubungan berlangsung lama jika ada salah satu orang yang mencoba untuk bersaing atau 'menang' atas yang lain. Pasangan ini harus percaya bahwa masing-masing meningkatkan apa yang terbaik di dalam diri satu sama lain. Mereka harus percaya ada pengorbanan diri untuk kesejahteraan lainnya. Kekuatan perjuangan ini mengalirkan sabotase dalam komunikasi.

4. Hubungan yang sehat membutuhkan keterbukaan

Tidak ada pengganti untuk transparansi hubungan. Keintiman - "lihat ke dalam diri saya" - membutuhkan keterbukaan diri. Tidak ada aliran komunikasi tanpa kemauan, kemudahan, dan keterbukaan. Masing-masing pasangan harus bersemangat berbagi kegembiraan dan tantangan yang dialami hari itu dengan pasangan mereka.

5. Hubungan yang sehat membutuhkan koneksi

Koneksi adalah hasil dari hubungan yang menyenangkan yang dibangun di atas kepercayaan, keamanan, kasih sayang, ketertarikan akan yang lain, kerendahan hati, dan keterbukaan. Seseorang pernah mengatakan bahwa kita perlu "merasa di rumah" dengan orang yang tahu dan membuat kita dapat merasakannya. Saat kita membangun sejarah ini dengan pasangan kita maka sebenarnya kita sedang membangun hubungan yang kuat dan bersemangat yang terus mengalir setiap saat.

Jadilah orang pertama dan paling antusias untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di dalam hubungan Anda dan pasangan. Karena setiap usaha yang Anda lakukan ini pasti membuahkan hasil positif bagi rumah tangga Anda.

Sumber : www1.cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami