Mau Tahu Berapa Umur Ideal untuk Menikah? Simak Studi Ini

Mau Tahu Berapa Umur Ideal untuk Menikah? Simak Studi Ini

daniel.tanamal Official Writer
2709


Sahabat muda, apakah kamu saat ini termasuk yang memikirkan umur yang pas atau ideal untuk menikah? Pastinya setiap orang punya standar tersendiri untuk melanjutkan hidup mereka ke tahap yang baru. Namun tidak ada salahnya juga mendengarkan rekomendasi yang tepat dari para ahlinya tentang umur yang ideal tersebut untuk menikah.

Nah, menurut sebuah studi yang dilakukan University of Utah dan dilansir Cosmopolitan, Selasa (4/10/2016), umur yang ideal untuk memasuki jenjang pernikahan, ternyata adalah rentang umur 28 hingga 32 tahun. Mengapa rentang umur tersebut dijadikan sebuah parameter?

Menurut studi tersebut, setiap pasangan yang menikah di rentang umur ini memiliki kemungkinan lebih sedikit untuk bercerai di 5 tahun pertama. Tetapi, jika menikah muda kurang dari 28 tahun bukan berarti punya resiko bercerai, namun punya kemungkinan yang lebih tinggi.

Jika melihat skema grafisnya, kemungkinan untuk bercerai menurut umur memiliki kurva yang naik turun. Seperti setelah umur 15, pernikahan muda cenderung lebih rentan bercerai. Namun, kurva tersebut menurun menjelang umur 32. Dan setelah 32, kemungkinan untuk bercerai naik sebanyak 5 persen.

Namun Sahabat Muda tak perlu khawatir, ini semua adalah studi berdasarkan tren statistik. Faktanya saat ini juga pasangan menikah lebih tua atau lebih cepat dari rentang umur tersebut dan bertahan hingga tua. Tentunya persoalan yang lebih vital adalah, apakah keduanya punya kehidupan spiritual yang sehat? Jika ya, pasti hubungan langgeng akan terjadi.



Sumber : Cosmopolitan

Ikuti Kami