Tertawalah Seperti Tuhan Tertawa
Sumber: www.flickr.com

Kata Alkitab / 26 September 2016

Kalangan Sendiri

Tertawalah Seperti Tuhan Tertawa

Lori Official Writer
15765

Jangan heran bahwa Tuhan juga suka tertawa. Karena humor berasal dari Tuhan, bukan si iblis. Tuhan menghadirkan humor karena dari sanalah segala sesuatu yang baik, bahkan Tuhan sendiri adalah sosok yang humoris. Dia adalah pribadi yang bahagia ([kitab]ITimo1:11[/kitab]); sumber dari segala kesehatan.

Tak seorang pun mampu tertawa seperti Tuhan tertawa karena Dia sempurna dalam segala sesuatu (Kolose 1: 18). Dia tertawa karena sukacita dan tertawa juga sebagai ejekan atas kebodohan orang-orang yang menantang-Nya ([kitab]Mazmu2:4[/kitab]). Satu-satunya alasan mengapa kita bisa tertawa dan menangis adalah karena kita merupakan gambaran dari Allah.

Sayangnya sebagian dari kita menilai bahwa humor tidak kudus. Kita lebih percaya dengan tipuan dan kebohongan si jahat. Padahal iblis sama sekali tidak lucu karena dia:

- Iblis tidak pernah merasa senang. Karena itu dia tidak ingin kita, orang percaya, merasakan sukacita dan bersenang-senang. Dia terus berusaha membuat hal-hal yang baik menjadi sesuatu yang terlihat buruk di mata kita.

- Iblis adalah sosok yang licik. Dia tahu bagaimana cara efektif menjual kesenangan kita menjadi suatu malapetaka dan dia bisa membuat kita tidak lagi merasakan sukacita dan kebahagiaan itu.

- Iblis menggunakan humor untuk mencuri, membunuh dan menghancurkan (baca Yohanes 10: 10).

Namun kebenarannya adalah bahwa Tuhan sendiri suka tertawa. Karena dalam firman-Nya sendiri jelas dikatakan bahwa ‘hati yang gembira adalah obat’ ([kitab]Amsal17:22[/kitab]). Kita semua bisa merasa lebih sehat dan bahagia dan mungkin lebih murni ketika kita sering tertawa. Karena Allah kita lebih suka tertawa daripada menangis.

Tuhan kita bukan Tuhan yang suka bersedih. Kebahagiaan-Nya kekal yang tak berkesudahan! Kita tentu akan merasa penasaran tentang bagaimana kita akan terkejut ketika mendapati Tuhan akan membuat kita terbahak-bahak kelak di surga.

Jadi tertawalah saat ini!

Karena tanpa disadari kita sering kali kehilangan kemampuan tertawa bersama Tuhan karena banyaknya persoalan, beban, kemalangan danbahkan dosa. Namun kehadiran Yesus sudah mengubahkan semua itu. Dia sudah membayar kesedihan kita ([kitab]Yesay53:3[/kitab]). Kita memang bisa bersedih, tetapi biarkan kesedihan itu berlangsung hanya sepanjang malam saja karena di pagi hari kita sukacita yang kekal sudah tersedia ([kitab]Mazmu30:5[/kitab]).

Firman Tuhan berkata, ‘Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa” (Lukas 6: 21). Ya, itulah janji Tuhan. Kesedihan akan berlalu, tetapi tawa akan menghasilkan jutaan sukacita lebih dari kesedihan yang kita alami.


Jika saat ini Anda sedang mengalami dukacita atas persoalan hidup yang tak kunjung usai. Anda bisa menghubungi konseling center kami ke nomor telepon (021) 8892 1355 atau sms/whatsapp ke 0817 0300 5566.

Sumber : Desiringgod.org
Halaman :
1

Ikuti Kami