Mafia Narkoba Meksiko Bunuh Dua Pendeta, Apa Alasannya?

Mafia Narkoba Meksiko Bunuh Dua Pendeta, Apa Alasannya?

daniel.tanamal Official Writer
3521

 

Sindikat mafia perdagangan narkoba di Meksiko yang terkenal kejam diduga menjadi otak pembunuhan dua pendeta dari sebuah gereja di Poza Rica, Veracruz. Kedua gembala jemaat setempat itu Alejo Nabor Jimenez dan Jose Alfredo Juarez de la Cruz, ditemukan tewas mengenaskan, Senin (19/9) siang waktu setempat.

Keduanya ditemukan tak bernyawa dengan kondisi tangan dan kaki masing-masing terikat, serta ditemukan beberapa luka tembak dengan senjata kaliber tinggi. Aparat keamanan menduga kedua pendeta ini menjadi ancaman para mafia sehingga perlu dihabisi. "Mereka tahu siapa penjahat di kota ini. Sindikat kejahatan sudah sangat tidak manusiawi, menganggap siapa saja sebagai ancaman," ujar pendeta Omar Sotelo, dari The Catholic Multimedia Cente.

Hasil penyelidikan aparat kepolisian sementara ini adalah, keduanya diculik langsung dari gereja oleh kelompok bersenjata. Keduanya diculik dan dibunuh karena aktif membela kaum migran, kaum lemah dan antiperdagangan narkotika. Hingga saat ini setidaknya 40 imam katolik tewas di Meksiko dalam sepuluh tahun terakhir. Lima belas di antaranya, dibunuh dalam tiga tahun pertama masa jabatan Presiden Enrique Pena Nieto.

Selain itu, sebuah analisis Insight Crime yang dikeluarkan pada Februari lalu juga menyebutkan, banyak imam gereja, pendeta atau pastor yang mengajarkan pesan keadilan sosial dan perdamaian, cenderung menjadi sasaran langsung dari sindikat kejahatan terorganisir.

 

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami