Wow, Rakyat Maluku Berpesta dalam Festival Teluk Ambon 2016

Wow, Rakyat Maluku Berpesta dalam Festival Teluk Ambon 2016

daniel.tanamal Official Writer
1788

Selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, propinsi-propinsi terluar Nusantara seperti di Barat dan Timur mendapat perhatian yang cukup besar. Salah satunya adalah Maluku yang saat ini tengah menyelenggarakan Festival Teluk Ambon 2016 yang akan berlangsung mulai 6 September dan berakhir pada 10 September.

Acara akbar tahunan di kota yang terkenal dengan julukan “Ambon Manise” ini tercatat pertama kali diadakan pada tahun 2006 dan terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Tema besar yang diusung juga adalah “Alam Beta Indah” sebagai bentuk representasi pulau indah nan subur yang tersohor semenjak lampau berkat hasil rempah yang melimpah.

Menurut Kementrian Pariwisata, tema tersebut memberikan semangat dan dorongan bagi setiap daerah untuk tak henti menggali dan mempromosikan potensi wisata masing-masing. Festival ini juga sengaja dibuat untuk memamerkan kecantikan kota yang memiliki segudang potensi istimewa termasuk menarik minat pelancong berkunjung baik domestik maupun internasional disamping menumbuhkan investasi dan perluasan bisnis pariwisata. Acara ini juga dipercaya mampu mempererat tali persaudaraan dan nasionalisme baik bagi warga Maluku sendiri dan seluruh rakyat Indonesia.

HUT Gereja Protestan Maluku
Selain itu akan ada perayaan HUT Gereja Protestan Maluku sebagai salah satu gereja tertua di pusat kota Ambon pada 6 September, dilanjut dengan karnaval budaya dan festival Hawaiian Band dalam menyambut hari jadi kota Ambon keesokan harinya.

Upacara pembukaan yang diikuti oleh parade perahu hias dan pagelaran budaya sendiri dilaksanakan pada 8 September nanti. Bahkan di hari yang samapun anda diajak untuk membersihkan pantai pesisir Teluk Ambon bersama masyarakat, pelajar dan instansi terkait sebagai bentuk apresiasi menjaga kelestarian alam dan lingkungan.




Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami