10 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa

10 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa

Lori Official Writer
20947

Tanggal kadaluarsa sebuah produk makanan merupakan indikator penting dalam menentukan apakah makanan itu masih aman dikonsumsi atau tidak. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti akan cenderung tidak lagi mengkonsumsi makanan yang masa berlakunya sudah habis bukan? Tetapi anehnya, sebuah artikel yang dikutip dari Foodnetwork.ca menuliskan bahwa sejumlah makanan ini ternyata masih bisa dikonsumsi meski sudah kadaluarsa. Apa saja itu?

1. Makanan Kalengan

Umumnya, makanan kalengan bisa bertahan selama 3 tahun masa penyimpanan sebelum tanggal kadaluarsa. Tetapi tahukah Anda, apabila disimpan di dalam suhu rendah, makanan ini bisa bertahan selama 7 tahun dan masih bisa dimakan loh!

Jika Anda memiliki bahan makanan kaleng, pastikan untuk menempatkannya di tempat bersuhu sejuk dan kering. Namun jika kemasan sudah tampak karatan atau penyok, itu tandanya Anda segera menyingkirkannya.

2. Keju Balok

Keju bekus seperti cheddar dan parmesan dimana makanan ini masih bisa dimakan dalam waktu yang lama. Namun pastikan untuk memotong bagian-bagian berjamur di keju sebelum mengkonsumsinya. Umumnya, keju beku masih bisa dikonsumsi selama sebulan ke depan setelah tanggal kadaluarsa.

3. Sereal

Sereal adalah salah satu persediaan makanan ringan yang bisa dikonsumsi dalam waktu yang lama. Sereal masih enak dikonsumsi selama enam bulan terakhir sebelum tanggal kadaluarsa.

4. Telur

Telur bisa diperpanjang masa konsumsinya asal menyimpannya di tempat yang tepat. Dengan menyimpan telur di lemari es akan membuat telur lebih segar dan tidak mudah busuk. Apabila hendak memeriksa apakah telur masih layak konsumsi atau tidak Anda hanya perlu menggunakan mangkuk berisi air. Jika telur tenggelam di dalam air, itu artinya telur masih aman dikonsumsi. Sebaliknya, jika telur mengapung di permukaan air, itu artinya telur sudah busuk dan tidak layak konsumsi.

5. Makanan Beku

Suhu dingin mencegah makanan beku dari kerusakan. Semua makanan beku yang dikemas umumnya aman dimakan meski sudah melebihi tanggal kadaluarsa. Cobalah menaruh makanan beku di freezer agar makanan tetap bebas dari mokribakteri yang dapat menyebabkan makanan menjadi basi.

Agar tetap enak dimakan, Anda perlu mengemasn makanan sdalam wadah yang benar-benar tertutup agar bunga es tidak masuk ke dalamnya.

6. Snack Kemasan

Saat snack (kerupuk dan chip) sudah lama, rasanya akan terasa apek dan aromanya aneh. Tetapi selama snack tidak bau, makanan tersebut masih aman dikonsumsi.

7. Mentega

Saat mentega sudah mendekati kadaluarsa, Anda bisa segera memasukkannya ke dalam freezer. Hal ini bertujaun agar mentega tetap bisa bertahan lebih lama. Tetapi saat hendak menggunakannya, cairkan mentega terlebih dahulu.

8. Roti

Roti adalah makanan yang bahan dasarnya dari tepung. Selama roti tidak ditumbuhi jamur, maka roti masih aman dikonsumsi. Jika Anda ingin roti bisa bertahan lebih lama, simpanlah di lemari es, setidaknya roti bisa bertahan hingga dua minggu lamanya.

9. Daging

Daging yang disimpan di dalam suhu 32-34 derajat celcius bisa bertahan jauh lebih lama. Karena suhu dingin tersebut bisa membunuh bakteri dari daging sehingga daging tidak akan rusak. Sangat dianjurkan untuk memasukkan daging ke dalam freezer. Jika hendak mengkonsumsinya kembali Anda hanya perlu mencairkan daging terlebih dahulu dengan air mendidih.

10. Pasta Kering

Pasta adalah bahan makanan yang tidak akan mudah rusak karena bahannya kering. Jika aroma pasta tidak beraroma tengik atau aneh itu artinya pasta masih bisa digunakan meski tanggal kadaluarsanya sudah lewat. Untuk memperlambat masa pakai, simpan pasta di dalam wadah tertutup dan gelap. Pasta sangat sensitif terhadap cahaya sehingga perlu disimpan di dalam lemari tertutup.

Tips Jika Anda ragu terhadap suatu makanan tertentu, maka gunakan indra Anda untuk mencobanya. Jika baunya sudah tidak lagi baik atau teksturnya sudah berubah warna, itu tandanya makanan sudah tak lagi bisa dikonsumsi.

Sumber : Foodnetwork.ca

Ikuti Kami