Duh…Uniknya Gereja Tua Heddal Stave Norwegia Ini

Duh…Uniknya Gereja Tua Heddal Stave Norwegia Ini

Lori Official Writer
4100

Apa yang terpikir dibenak kamu saat mendengar kata Norwegia? Negara yang satu ini adalah salah satu penghasil sumber minyak bumi yang berada di dataran tinggi yang dipenuhi oleh kawanan beruang. Negara ini juga merupakan salah satu tujuan wisata populer musim panas karena memiliki pesona alam yang begitu menawan, mulai dari bukit-bukit hijau, pegunungan yang mengitari desa-desa kecil nan asri hingga menyaksikan ribuan bangunan klasik yang masih berdiri tegap.

Salah satu hal menarik yang perlu kamu tahu dari Norwegia adalah bangunan gereja kuno Heddal Stave di Notodden. Gereja kayu ini sudah berusia ribuan tahun sejak berdiri sekitar abad ke-13 silam. Uniknya, gereja ini dikisahkan hanya dibangun dalam tiga hari oleh lima petani.

Gereja Heddal berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Sandefjord, Vestfold, Norwegia. Secara struktur, gereja ini sudah pernah dua kali direstorasi yaitu pada abad ke 19 dan 20. Saat ini gereja masih difungsikan sebagai tempat pemberkatan pernikahan dan layanan Minggu selama musim panas.

Keunikan gereja ini terletak pada bentuk bangunannya yang memiliki tiga lengkungan yang berdiri tegap menghadap langit. Di sebelah samping gereja terdapat gedung administrasi dengan museum mini, kafe dan toko souvenir. Untuk menyaksikan bagian dalam gereja Heddal Stave, pengunjung harus terlebih dahulu membeli tiket di gedung ini. Setelah membayar, tiket akan diberikan dalam bentuk stiker bundar bergambar bangunan gereja yang harus ditempel di dada atau bagian pakaian lain.

Selain melihat-lihat bagian dalam Gereja Heddal Stave dan arsitekturnya yang menarik, pengunjung juga bisa mengeksplorasi bagian lain bangunan kuno ini. Seperti belajar banyak sejarah di museum mini, mulai dari mengetahui sejarah lengkap gereja ini sampai mengenal beragam koleksi benda-benda bersejarah di sana. Mulai dari koleksi kapak, lukisan-lukisan dan replika potongan detil dekorasi bangunan gereja. Lukisan-lukisan di sana menceritakan tentang kejadian penting dalam sejarah bangsa Viking yang banyak menginspirasi arsitekstur gereja-gereja Kristen. Rupanya, teknik pembangunan gereja ini mirip sekali dengan cara pembuatan kapal-kapal panjang yang mereka gunakan. Teknik pemotongan kayu yang baik merupakan kunci di balik kokohnya gereja kayu ini.

Gereja Heddal Stave merupakan gereja Katolik yang dilengkapi dengan lukisan-lukisan para rasul dan kisah perjalanan salib di bagian dinding gerejanya. Namun banyak diantaranya yang kemudian disamarkan dengan lukisan ornament bunga mawar untuk menyamarkan kultus yang tidak sesuai dengan ajaran Protestan.

Sebagai salah satu bangunan Katolik yang masih dilestarikan, gereja diketahui telah didedikasikan khusus sebagai bangunan untuk menghormati sosok Bunda Maria, seperti yang dipercayai oleh umat Katolik.

Tertarik ingin menyaksikan keindahan Norwegia? Ingat berkunjung ya ke Gereja Heddal Stave!

Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami