Paus Fransiskus Serukan Umat Berdoa Untuk Italia Pasca Gempa 6,2 SR

Paus Fransiskus Serukan Umat Berdoa Untuk Italia Pasca Gempa 6,2 SR

Puji Astuti Official Writer
2803

Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter di Italia pada Rabu, 24 Agustus 2016 kemarin, meninggalkan duka mendalam dan telah memporak-porandakan beberapa kota di negara tersebut. Hingga saat ini korban jiwa berjumlah 159, dan masih akan terus bertambah karena upaya penyelamatan masih dilakukan secara manual. 

Mendengar kabar duka dari negara tetangganya tersebut, Paus Fransiskus menyerukan kepada umat untuk berdoa untuk Italia dan para korban. Tak lama kemudian, kantor berita Vatikan menyatakan bahwa sebagai bukti nyata Paus Fransiskus peduli dengan para korban, maka Vatikan mengirimkan enam petugas pemadam kebakaran ke Amatrice, Italia, kota yang paling parah mengalami kerusakan. Para petugas pemadam kebakaran itu akan bekerja dibawah arahan  Pemerintah Italia dalam mencari dan menolong para korban gempa. 

"Mendengar berita bahwa gempa melanda pusat Italia dan menghancurkan seluruh wilayah itu, meninggalkan banyak korban meninggal dan terluka, saya tidak mungkin tidak mengungkapkan betapa sedih hati saya dan kedekatan saya dengan semua orang yang berada di area gempa, terutama mereka yang kehilangan orang yang dikasihi  dan mereka yang masih terguncang oleh rasa takut dan teror," demikian ungkap Paus Fransiskus. 

"Mendengar Walikota Amatrice berkata, 'Kota ini tidak ada lagi,' dan mengetahui bahwa disana ada anak-anak di antara yang meninggal, sangat sedih," tambah Paus. 

Karena hal itu, pada saat audiensi di St Peter Square, Paus mengajak para peziarah dan wisatawan yang jumlahnya diperkirakan 11.000 orang untuk berdoa bagi para korban, agar "Tuhan Yesus, yang selalu tergerak oleh penderitaan manusia, menghibur mereka yang hancur hati dan memberikan mereka kedamaian."

Bukan hanya Vatikan yang menawarkan bantuan untuk membantu upaya penyelamatan, pada hari Rabu lalu Presiden Barack Obama langsung menghubungi Presiden Italia Sergio Mattarella untuk menawarkan bantuan dari Amerika. Para pemimpin Eropa seperti Perancis, Jerman, dan Rusia juga menyampaikan duka mendalam atas bencana yang dialami oleh Italia. 

Mari panjatkan doa bagi Italia, agar para korban yang masih hidup dan dalam reruntuhan segera bisa diselamatkan dan juga agar penghiburan dan kasih Tuhan menjamah hati mereka yang terluka ataupun keluarga yang kehilangan yang dikasihi. 

Sumber : Catholicherald.co.uk | CNN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami