Penelitian: Mendidik Anak Dengan Keras Jadikan Mereka Pembohong

Penelitian: Mendidik Anak Dengan Keras Jadikan Mereka Pembohong

Mega Permata Official Writer
4393

Apa Anda termasuk orangtua yang keras dalam mengasuh dan mendidik anak-anak kesayangan Anda? Anda terlalu menuntut atau mengekang mereka dengan memberikan perintah-perintah serta aturan? Walaupun menurut Anda hal itu baik untuk mendidik kedisiplinan mereka tetapi bila Anda keterlaluan hingga tidak memberinya kelonggaran maka banyak mengakibatkan hal buruk kepadanya seperti menjadi pembohong bahkan pemberontak.

Menurut penelitian yang dibuat oleh Victoria Talwar, seorang psikolog dan ahli perkembangan anak di McGill University, anak-anak yang dididik orangtua dengan keras lebih cenderung menjadi pembohong untuk menghindari hukumannya. 

Dalam penelitiannya, Talwar menguji dua sekolah di Afrika Barat, satu sekolah mendidik dengan aturan ketat dan satunya dengan kebijakan yang lebih santai. Di kedua sekolah tersebut, Victoria mengumpulkan siswa dan meminta mereka untuk memainkan “permainan mengintip”, latihan yang diperlukan anak-anak untuk menebak benda berdasarkan suara yang mereka buat.

Disisi lain, para peneliti meninggalkan ruangan tes dan kemudian kembali bertanya jika mereka mengintip jawaban (benda terakhir sengaja membuat suara yang tidak terkorelasi, sehingga para peneliti tahu jika anak-anak berbohong). Sementara, di sekolah yang lebih “santai” memiliki campuran siswa yang pembohong dan jujur, sedangkan di sekolah “ketat” memiliki siswa yang banyak pembohong. Tidak hanya itu saja, secara umum mereka para siswa jago dalam berbohong.

Sama seperti pendapat psikoterapis Philippa Perry, menjelaskan bahwa bila orangtua terlalu ketat di rumah juga dapat memberikan efek yang sama. Ketika orangtua menjalankan tugas rumah tangga mereka dengan tangan besi (keras), maka “anak tidak aman untuk mengatakan yang sebenarnya,” kata Perry. Ia juga menambahkan bahwa kesalahan tidak harus ditempatkan semata-mata kepada anak-anak karena ketidakjujuran mereka menciptakan situasi lain dimana menghukum mereka karena berbohong hanya akan menambah masalah lebih buruk lagi. 

Mendidik dan mengasuh anak agar sesuai dengan yang Anda inginkan tidaklah harus dididik keras, memberikan tuntutan dan aturan. Anak-anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga, diasuh dengan kasih sayang, kelembutan, dan perhatian. Hindari memberikan mereka tuntutan atau paksaan melainkan sebuah dukungan dan semangat.

Sumber : Goodhousekeeping.com/Jawaban.com

Ikuti Kami