Simak, 5 Langkah Khusus Mengasuh Anak Autis

Simak, 5 Langkah Khusus Mengasuh Anak Autis

Mega Permata Official Writer
2282

Apapun karakteristik yang dimiliki oleh anak, sebagai orangtua kita harus tetap menerima dan bersyukur karena merekalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Ada pun kelainan yang dapat terjadi oleh anak sejak lahir yaitu autisme. Austisme atau biasa didengar dengan autis disebabkan oleh kelainan Autism Spectrum Disorders yang membuat terganggunya otak sehingga tidak bisa berfungsi normal layaknya perkembangan yang terjadi diusianya. 

Autisme yang terjadi pada anak-anak mungkin bisa disebabkan oleh faktor genetik atau akibat obat-obatan serta makan-makanan yang dikonsumsi ibu saat kehamilan tidak sesuai dengan saran dokter. Walaupun berat untuk dijalani sebagai orangtua yang memiliki anak dengan autisme, berikut tips khusus mengasuh si buah hati yang harus Anda perhatikan:

Pertama, Memberikan kasih sayang

Mereka tetap membutuhkan kasih sayang Anda dan keluarga besar. Dengan kasih dan cinta yang lebih dari keluarga akan membantu perkembangan anak penyandang autisme menjadi lebih baik. Jika Anda memberikan sebaliknya hanya membuat keadaan anak semakin buruk.

Kedua, Berkomunikasi dengan baik

Bagi anak penyandang autisme sebagian besar memiliki kesulitan untuk berkomunikasi. Jadi jangan memaksa anak Anda berbicara. Yang perlu Anda lakukan adalah sabar, peka, dan konsisten mengajarinya agar si kecil terbiasa mendapatkan komunikasi yang baik selayaknya anak normal. 

Ketiga, Menemaninya saat tidur

Dikutip dari National Autistic Society, sebagian besar mereka juga mengalami kesulitan atau gangguan pola tidur. Anda harus selalu berada di sampingnya termasuk waktu tidur karena bisa jadi mereka akan terbangun di tengah malam berulang kali. Kedekatan Anda mempengaruhi dirinya. Anda bisa sediakan catatan kecil untuk mencatat jadwal tidurnya dan mengetahui sejauh mana gangguan tidur melanda padanya. Kemudian pakai catatan tersebut untuk mendiskusikan dengan dokter mengatasi masalah tidur kepada anak Anda.

Keempat, Memperhatikan pola makannya

Sama seperti pada anak umumnya demikian juga anak penyandang autisme memiliki masalah terkait makanan. Anda harus memberikan asupan khusus untuk gizinya. Anda bisa juga bertanya ke pakar autis atau dokter anak mengenai asupan makanan yang cocok untuk anak-anak Anda.

Kelima, Memberikan pendidikan bermutu untuknya

Anak penyandang autisme juga perlu pendidikan, jadi jangan sampai salah memberi mereka pendidikan. Pilih pendidikan untuk anak yang berkebutuhan khusus yang dapat membantu perkembangannya dengan nyaman dan menjadi lebih baik. Cara ini cukup ampuh mengembangkan potensi yang mereka miliki dan membuat mereka menjadi orang yang berguna di masyarakat kelak jika sudah dewasa. 

Sekali lagi tetaplah beryukur dan sayangilah anak Anda karena itulah Titipan Tuhan. Kesabaran dan ketelatenan akan membuahkan kebaikan. Ajak sanak keluarga Anda untuk sama-sama memperlakukan mereka dengan sewajarnya, dengan kelembutan dan perhatian. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com

Ikuti Kami