Selingkuh Keuangan, Apa dan Bagaimana Menghindarinya?
Sumber: Google

Finance / 16 August 2016

Kalangan Sendiri

Selingkuh Keuangan, Apa dan Bagaimana Menghindarinya?

daniel.tanamal Official Writer
3477

Sebuah perselingkuhan yang bisa menghancurkan rumah tangga, ternyata tidak terbatas hanya dalam soal cinta, namun juga dalam soal keuangan. Karena itu muncullah sebuah istilah “Selingkuh Keuangan”. Setidaknya hal itulah yang terungkap dalam sebuah artikel berjudul "Selingkuh Keuangan: Menangkap Pasangan yang Menipu," karya Jessica Dickler.

Ternyata menyembunyikan barang yang kita beli, simpanan uang di bank, bonus dari kantor, kesemuanya itu merupakan selingkuh keuangan yang dapat menghancurkan rumah tangga kita. Karena itu ada beberapa tips yang mungkin akan menyelamatkan anda dari jurang perpisahan, sekaligus membuat rumah tangga anda sehat sukacita dalam sisi finansial.


Jangan Beli Barang Sembunyi-sembunyi

Tanggung jawab utama kita semua yang sudah menikah adalah mengusakan kesejahteraan keluarga. Nah, jika kita sampai pada situasi dimana kita merasa perlu menyembunyikan belanjaan dari pasangan Anda, berarti barang itu seharusnya tidak Anda beli!

Jangan Sembunyikan Hutang
Penulis Kathy Choo dalam sebuah artikelnya pernah menulis : “Bila cinta merupakan tali yang mengikat pasangan, hutang adalah gunting yang memutuskan tali itu.” Ungkapan itu pasti sudah membuat kita mengerti sungguh-sungguh bahwa berhutang adalah sebuah masalah besar, apalagi menyembunyikannya!

Jujurlah Terhadap Pasangan untuk Setiap Pemasukan
Kita harus jujur terhadap pasangan kita terutama dalam setiap pemasukan, seperti uang, hadiah, bonus, atau kompensasi dalam bentuk apa pun

Soal Pengeluaran, Berundinglah terlebih Dahulu
Setiap pengeluaran yang akan anda lakukan, lakukanlah dengan berunding terlebih dahulu secara bersama-sama. Ketiadaan perundingan hanya akan membuat salah paham dan kekacauan yang berkepanjangan.

Susun Anggaran Bersama
Anggaran bersama perlu disusun agar keuangan anda teratur. Selain itu disiplinlah untuk menggunakan keuangan secara jujur. Kebutuhan diatas segalanya daripada keinginan

Rapat Keuangan
Nggak hanya di kantor saja yang suka mengadakan rapat. Dalam keluarga pun harus ada rapat untuk membahas soal keuangan keluarga. Atur dan tentukan apa-apa saja yang perlu dibeli, dibayar, bahkan untuk mencari pemasukan dari sektor lain, jika dibutuhkan anda dapat mendiskusikan soal solusi-solusi keuangan lain yang baru dan belum pernah terpikirkan. Menyenangkan bukan?


Sumber : Keluarga.com
Halaman :
1

Ikuti Kami