Frustrasi Jumlah ASI Sedikit?Coba 6 Cara Tingkatkan ASI Perah Ini Moms
Sumber: lancarasi.net

Health / 9 August 2016

Kalangan Sendiri

Frustrasi Jumlah ASI Sedikit?Coba 6 Cara Tingkatkan ASI Perah Ini Moms

Lori Official Writer
2749

Seorang ibu baru yang memiliki bayi berusia satu bulan mulai frustrasi lantaran menilai tak mampu memenuhi asupan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Minimnya jumlah ASI yang dihasilkan membuat sang ibu memilih susu formula sebagai tambahan. Rasa kecewa menghantui lantaran dia tidak sanggup memenuhi kebutuhan ASI sepenuhnya bagi sang buah hati di periode emas pertumbuhannya.

Tak sedikit ibu yang mungkin mengalami hal serupa, yang hanya bisa mendapatkan ASI yang sedikit sementara sang bayi membutuhkan ASI lebih. Namun bukan berarti produksi ASI tidak bisa ditingkatkan loh! Beberapa hal ini bisa moms lakukan.

Jaga kondisi tubuh dan suasana hati. Diungkapkan oleh konselor laktasi di Tiga Generasi, dr Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI, pada prinsipnya, ada dua hormone yang berpengaruh pada produksi ASI yakni prolaktin dan oksitosin.

“Oksitosin dipengaruhi psikis ibu dan berfungsi mengalirkan ASI. Ketika kita memerah ASI, itu kita sebaiknya sambil enjoy. Kitanya udah nyaman. Artinya sudah makan, minum, dalam keadaan santai nggak terburu-buru. Dan memang di tempat yang layak,” ucap dr Hikmah, seperti dikutip Detikhealth.com.

Berikan ASI sesering mungkin. meskipun ASI tidak begitu banyak akan tetapi dengan cara ini, produksi ASI akan meningkat. Ada dapat meningkatkan frekuensi menyusui bayi atau dengan memerah ASI. Semakin sering penyaluran ASI maka akan semakin meningkat pula produksi ASI secara alamiah.

Lakukan pijatan lembut pada payudara beberapa menit sebelum memerah ASI. Jika kemungkinkan kompres area payudara dengan handuk hangat.

Minum air putih 10-12 gelas per hari. Perlu diperhatikan ibu juga disarankan untuk minum air putih minimal 1-2 gelas sebelum memerah ASI.

Cobalah memerah ASI pada saat menjelang pagi (subuh). Hal ini dinilai merupakan waktu yang paling produktif untuk mendapatkan banyak ASI.

Konsumsi makanan sehat secara teratur setiap hari. Beberapa jenis makanan yang berguna menunjang produksi ASI secara maksimal seperti buah dan daun pepaya, sayur-sayuran, biji-bijian, wortel, oat, jagung, wijen hitam dan kemangi.

Jika Anda adalah salah satu ibu menyusui yang menghadapi masalah ini, jangan panik! Karena saat Anda dalam kondisi stres produksi ASI malah akan terhambat. Jadi, tetaplah optimis dan nikmati masa-masa menyusui Anda agar si buah hati bisa mendapatkan gizi optimal di periode emasnya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami