Makanan Terlarang Bagi Ibu Menyusui

Gizi & Nutrisi / 11 April 2010

Kalangan Sendiri

Makanan Terlarang Bagi Ibu Menyusui

Lois Official Writer
4727

Sebaiknya makanan ini tidak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui bayinya. Makanan apa saja? Anda dapat lihat keterangannya di bawah berikut ini :

Minuman isotonic

Minuman ini biasanya mengandung natrium, kalsium, kalium, dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Tapi kalau dikonsumsi saat tubuh tidak sedang melakukan aktivitas fisik berat, maka kandungan ion dalam minuman ini tidak memberikan efek positif.

Softdrink

Kandungan gula dalam softdrink sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Alkohol

Alkohol tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun menyusui, kandungan alcohol memberikan efek negatif bagi tubuh.

MSG

Di beberapa negara dikatakan normal dan bisa ditoleransi bila mengkonsumsi 0.3-1 gram per hari. Masalahnya tak mudah menghitung sudah berapa banyak MSG yang sudah masuk ke dalam tubuh. MSG menyebabkan gangguan seperti asma, gatal, infeksi kulit, gangguan irama jantung, kelainan saraf tepi dan gangguan pencernaan.

Makanan berpengawet / menggunakan pewarna

Zat pewarna dalam makanan ini sering dipakai sebagai zat pewarna tekstil seperti rhodamin B, methanyl yellow yang berefek menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker. Pemanis buatan dapat menyebabkan kanker kandung kemih.

Hal ini berbahaya bagi ibu yang sedang menyusui daripada orang biasa karena akan sangat mempengaruhi kesehatan bayi yang diberikan ASI oleh ibunya. Karena bayi masih rentan terhadap semua penyakit dan belum ada imun tubuh yang stabil. Untuk itu, berhati-hatilah mengkonsumsi makanan. Perhatikan benar makanan apa yang masuk ke dalam tubuh agar si buah hati pun sehat.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami