7 Manfaat Luar Biasa dari Menggenggam Tangan Orang Terkasih (Part 1)
Sumber: Google

Single / 5 August 2016

Kalangan Sendiri

7 Manfaat Luar Biasa dari Menggenggam Tangan Orang Terkasih (Part 1)

Lori Official Writer
10004

Menggenggam tangan mungkin sesuatu yang sudah biasa kita lihat dan lakukan setiap hari. Orang-orang yang saling berpegangan tangan bisa menjadi pertanda persahabatan, cinta ataupun ikatan pernikahan. Namun, tindakan sederhana ini ternyata memicu reaksi kimia yang sangat luar biasa bagi yang melakukannya. Berpegangan tangan bisa memicu timbulnya perasaan dicintai, bahagia, terlindungi dan dihormati.

Untuk lebih mengetahui manfaat luar biasa dari berpegangan tangan, silahkan baca 7 poin di bawah ini:

1. Meredakan stress

Menggenggam tangan orang yang kita kasihi ternyata sangat bermanfaat untuk menurunkan hormon stress (kortisol). Sebuah sentuhan dari teman atau rekan terdekat bisa membuat kita merasa lebih dihargai, terhubung dan lebih baik. Saat kita stress, sentuhan ringan di bagian tangan bahkan membantu untuk meringankan ketegangan baik secara fisik maupun mental. Kulit kita juga akan lebih sensitif ketika kortisol mengalir melalui aliran darah kita.

Jadi, saat pasangan atau orang yang Anda kasihi sedang melewati hari-hari yang benar-benar sulit dan tampak stress, cobalah untuk menggenggam tangannya untuk menenangkan mereka.

2. Meningkatkan rasa cinta dan hubungan

Saat menggenggam tangan seseorang, hormone oksitosin dalam tubuh bekerja maksimal. Oksitosin memperkuat empati dan komunikasi dalam hubungan. Hormon inilah yang berperan menjadikan hubungan lebih bahagia dan langgeng. Bergandengan tangan dengan pasangan sangat baik untuk meningkatkan hubungan dan menciptakan hubungan yang lebih kuat.

3. Baik bagi kesehatan jantung

Berpegangan tangan dengan pasangan terbukti mampu menurunkan tekanan darah yang sangat berhubungan dengan penyakit jantung. Ketika kita sedang mengenggam jemari orang yang kita kasihi, kita tidak hanya mengurangi stress dan meningkatkan hubungan, tetapi juga menimbulkan kenyamanan yang baik bagi jantung.

4. Mengurangi rasa sakit

Saat merasakan sakit, manusia biasanya akan bereaksi dengan mengencangkan otot-ototnya. Dalam kasus ini, kita bisa melihat bagaimana seorang suami kerap hadir dan menggenggam tangan sang istri ketika hendak bersalin. Hal ini dianggap penting karena genggaman tangan dari orang yang kita kasihi membantu mengurangi rasa sakit yang kita alami.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah membiasakan diri untuk menggenggam tangan orang-orang terkasihi Anda, baik keluarga, rekan, teman dan orang lain ketika mereka sedang cemas atau stress? Sudahkah Anda menyemangati mereka dengan memberikan sentuhan kasih sederhana ini? Mungkin Anda perlu memikirkan ini.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami