Share this article :

Sekali Wawancara Langsung Dapat Pekerjaan, Ini Caranya!

 Wed August 3rd, 2016
 2195

Artikel ini ditulis oleh :

Mega Permata

Contributor
 

Sekali Wawancara Langsung Dapat Pekerjaan, Ini Caranya! Sumber : Nypost.com

Apakah saat ini Anda belum mendapatkan pekerjaan atau mungkin besok Anda ada panggilan interview? Nah, ada beberapa hal yang harus Anda amati baik-baik selama Anda mencari pekerjaan. Tidak ada yang mau gagal dalam interview, semua pelamar pekerjaan menginginkan sekali interview langsung keterima bekerja, bukan? Tapi bagaimana untuk bisa langsung keterima bekerja? Simak tips-tips ini:

Pertama, Mengumpulkan keterangan perusahaan tersebut

Ini menjadi poin penting saat Anda hendak melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Anda tidak mungkin asal melamar pekerjaan kan? Anda harus mengenal betul dan mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang bermasalah atau berpredikat buruk. Selain itu menurut Mydomaine.com, bahwa sebanyak 47 persen dari manajer perekrutan akan segera menyingkirkan kandidat yang memiliki sedikit atau tanpa pengetahuan dari perusahaan yang dilamarnya tersebut. Tidak peduli seberapa yakin Anda atau banyaknya keterampilan yang Anda punya sesuai dengan kriteria pekerjaan, tetapi jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang kuat tentang perusahaan, mereka akan menganggap Anda tidak serius. Jadi sebaiknya cari tahu perjalanan karir atau perkembangan dari perusahaan yang Anda inginkan sebelum Anda telat!

Kedua, Mempersiapkan diri untuk pertanyaan termasuk diri Anda

Cari tahu beberapa pertanyaan umum yang diajukan oleh para interviewer. Selain itu siapkan juga jawaban yang meyakinkan. Pertanyaan yang biasa sering diajukan seperti, “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?” “Ceritakan pada saya bagaimana Anda menghadapi kegagalan dan bagaimana cara Anda bangkit dari permasalahan”. Anda juga bisa mencari tahu lewat Internet atau juga bisa membeli buku soal latihan-latihan wawancara atau Anda bisa bertanya kepada teman Anda yang sudah berpengalaman.

Setelah itu siapkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan karena biasanya sang interviewer akan bertanya, “Ada pertanyaan?”. Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda ingin tahu lebih tentang perusahaan atau posisi yang Anda inginkan. Hal tersebut adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan banyak informasi. Anda berdua saling wawancara dalam hal ini, perlihatkan bahwa Anda aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan. 

Ketiga, Perbarui daftar riwayat Anda

Resume atau daftar riwayat masih menjadi poin paling penting bagi interviewer Anda. Selain berisikan biodata Anda, resume Anda harus menjadi terlihat singkat dan jelas dari riwayat kerja Anda. Sehingga mereka bisa dapat langsung melihat informasi yang paling penting dengan sekilas. Jika Anda ingin membuat kesan pertama dengan baik, resume Anda harus terlihat rapi, jelas dan detail. Hindari dari kata-kata rumit dan hindari kesalahan penulisan kata.

Keempat, Hati-hati dengan gaya bahasa tubuh Anda

Anda harus bisa menahan diri untuk tidak melipat tangan di dada dan menjaga postur tubuh yang baik sepanjang interview. Jaga tubuh Anda tetap tegap, tatapan mata fokus pada interviewer; tidak lihat ke atas atau menunduk; dan jangan Anda mengaku sebagai penyendiri atau ketidaktertarikan. Untuk menunjukkan keminatan dan kepercayaan diri Anda, bersandarlah, dan buat tubuh Anda santai seperti interviewer.

Menurut Ryan Robinson, seorang pengusaha dan pemasaran mengatakan bahwa sebanyak 38 persen manajer perekrutan akan mengeliminasi calon peserta karena mereka kurang tersenyum dan tidak terlibat dalam percakapan.

Kelima, Memakai busana yang tepat dan sesuai

Ingat bahwa pertama kali yang diperhatikan saat datang interview adalah ‘tampilan luar’ yaitu cara berpakaian Anda. Busana yang Anda pakai adalah cerminan bagaimana Anda menampilkan diri atas pekerjaan Anda. Bahkan sebelum Anda dipersilahkan untuk duduk, mereka sudah memperhatikan Anda. Sesuaikan pakaian Anda dengan posisi yang Anda inginkan. Tetapi pakaian yang Anda pakai juga harus nyaman di tubuh Anda, jangan sampai ketidaknyamanan mengganggu Anda bahkan menurunkan kepercayaan diri Anda. 

Keenam, Siapkan negosiasi

Sebelum Anda menghadap interview, Anda harus tahu pendapatan atau gaji yang didapat sesuai dengan pendidikan atau pengalaman dan persiapkan untuk tahap negosiasi. 

Ketujuh, Jangan lupa untuk menindaklanjuti

Jika hal di atas sudah Anda siapkan dan berpikir itu berjalan dengan baik dan ingin membuat manajer perekrutan mengingat nama Anda, jangan lupa untuk menindaklanjutinya. Pastikan Anda kembali mengirim pertanyaan dalam waktu 24 jam setelah wawancara Anda selesai sehingga nama Anda segar dalam pikiran mereka, jangan lewat dari hari itu. 

Sumber : mydomaine.com/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Cindy 15 June 2017 - 18:47:03
Salam sejahtera, sy Cindy, menikah dgn pria kebang... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Penangkal Rasa Takut
Penangkal Rasa Takut
Pernahkah Anda mengalami situasi ini? Ketika Anda sedang melihat isi dompet atau rekening tabungan A...