Gelapkan Uang Gereja, Pastur Ini Akhirnya Ditahan
Sumber: www.ctvnews.ca

Internasional / 22 July 2016

Kalangan Sendiri

Gelapkan Uang Gereja, Pastur Ini Akhirnya Ditahan

Lori Official Writer
3292

Seorang pastur di Kanada ditahan pihak kepolisian lantaran menggelapkan uang Gereja Katolik St Joseph Chaldean. Pastur bernama Romo Amer Saka (51) ini terbukti menggunakan uang gereja yang bertujuan untuk membantu pengungsi Timur Tengah sebesar 400 ribu dolar AS berjudi.

Saka adalah salah satu pelayan aktif gereja tersebut. Uang yang digelapkannya merupakan hasil sumbangan dari 20 donatur gereja. Penggelapan itu akhirnya terbongkar setelah Uskup Emmanuel Shaleta, kepala gereja Chaldean Kanada menemukan kejanggalan dalam laporan pembukuan keuangan donasi. Uskup Emmanuel segera meminta penjelasan dari Saka. Dan Saka mengakui perbuatannya setelah kalah dari berjudi. Dia pun menyesali perbuatannya dan menyerahkan diri kepada polisi.

Akibat perbuatannya, Saka harus kehilangan jabatan sebagai pastur gereja untuk sementara waktu. “Penipuan oleh oknum gereja ini mendompleng kebijakan pemerintah Kanada yang menampung banyak pengungsi tahun lalu,” kata Sandasha Bough, juru bicara kepolisian Distrik London.

Saka sebetulnya sudah sering mengelola dana bantuan untuk pengungsi. Namun kali ini dirinya tertangkap melakukan penyelewengan. Akibat dari perbuatannya, rencana gereja untuk menjamin keluarga pengungsi pindah permanen ke Kanada harus tertunda. Padahal jaminan yang dipatok pemerintah sebesar 12 ribu dolar saja per orang, sedangkan satu keluarga membutuhkan biaya migrasi sebesar 27 ribu dolar. 

Sumber : Merdeka.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami