Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
2535


Kesuksesan Pokemon Go terbilang fenomenal, terlepas dari berbagai kontroversi yang menyertai kepopuleran game mobile tersebut. Sangat jarang sebuah produk bisa sukses dalam 4 bidang ini sekaligus, yaitu : user experience atau pengalaman pengguna, adopsi, monetization, dan pertumbuhan potensi. Namun Pokemon Go berhasil merangkul semuanya dalam satu produk. 

Aplikasi game tersebut membuat pengguna menikmati bermain game sekaligus berpetualang di alam nyata, membawa mereka ke berbagai tempat umum termasuk perkantoran dan restoran di sekitar tempat tinggalnya dan telah di download sebanyak 15 juta kali hanya seminggu setelah diluncurkan.

Game ini bisa terbilang salah satu inovasi jenius  di tahun 2016 ini, namun juga sebagai salah satu produk mobile yang sukses dalam mewujudkan konsep bisnis mobile game. Hanya dalam waktu seminggu Pokemon Go berhasil menarik Mc Donald untuk beriklan, yaitu menggunakan 3000 gerainya yang ada di seluruh dunia masuk dalam destinasi dalam permainan tersebut. Mungkin bahkan saat ini sudah ada antrian panjang produk-produk lainnya yang juga ingin beriklan di Pokemon Go. 

Lalu apa yang kita bisa pelajari dari kisah sukses game ini yang bisa diterapkan dalam bisnis? 

1#  Pengguna mobile sangat besar 

Fenomena Pokemon memperlihatkan betapa besarnya pengguna mobile saat ini. Akses internet saat ini hampir di dominasi oleh mobile smartphone, dan jika Anda jeli maka Anda akan melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis Anda. Sudah saatnya bisnis fokus kepada teknologi mobile, dan memaksimalkan fitur ponsel sebagai pendukung contohnya kamera, sistem gps, video live recording, dan masih banyak lagi lainnya. Inilah yang dilakukan oleh Pokemon Go. 

2# Menyatukan pengalaman dunia virtual dan dunia nyata

Kesuksesan Pokemon menjadi bukti nyata bahwa dunia virtual bisa dibawa ke dunia nyata, konsep yang selama satu dekade dianggap sebagai sesuat yang mustahil. Ada peluang bisnis besar dalam konsep ini, diperkirakan oleh Digi-Capital nilainya mencapai 120 milyar dolar hingga tahun 2020 nanti. 

Para pemain Pokemon Go tidak hanya berkutat di kamar atau kursinya, mereka pergi keluar dan yang ajaib berbicara kepada para pemain lain yang mereka temui di jalan, di taman, atau "Poke Stop" lainnya. Hal ini menjadi pemandangan baru karena mengubah kebiasaan manusia yang  selama ini bermain game biasanya sibuk dengan gadgetnya sendiri. 

Membangun sebuah pengalaman yang berbeda melalui sebuah game bukanlah hal yang mudah. Bagaimana konseptor membuat platform yang membuat para pengguna berinteraksi baik secara virtual maupun dalam dunia nyata butuh sebuah pemikiran mendalam dan riset. 

3# Iklan yang menyatu dengan produk

Tujuan akhir dari sebuah perusahaan atau produsen adalah menjual produk mereka. Dunia marketing saat ini pun mengalami perubahan besar dengan munculnya kekuatan baru dalam dunia online ini, yaitu dunia mobile, baik apps, game ataupun video. Mereka membuat brand-nya relevan dengan calon konsumen mereka, bernilai dan melakukan interaksi. Namun penyampaian iklan juga penting, jika pada umumnya pengguna hanya di suguhkan dengan banner yang mencari klik dari pengguna, dengan Pokemon Go, para pengiklan kini menjadikan brand mereka masuk dalam permainan itu sendiri. Permainan tersebut mengantarkan konsumen langsung ke pintu tempat bisnis mereka berada. 

Berbagai restoran membuat papan pengumuman dan juga memposting dalam laman sosial media mereka bahwa ada banyak Pokemon di tempat mereka. Tidak jarang tempat-tempat itu menawarkan diskon yang menarik untuk para pemain Pokemon itu. Walau tidak semua yang datang menjadi konsumen, namun banyak orang telah terpapar oleh brand mereka. 

Pertanyaannya adalah apakah kepopuleran Pokemon Go ini akan bertahan lama? Ya, jika dari Nitendo, perusahaan pembuat game ini tetap kuat dalam pengembangan produk  dan mengedepankan kualiatas game dan pengalaman pengguna. 

Kesimpulannya, jika bisnis Anda melakukan pendekatan serius terhadap konsep mobile, fokus dalam menghubungkan dunia virtual dan kenyataan serta memberikan pengalaman yang menarik bagi pengguna, maka keuntungan akan datang kepada Anda, baik itu berupa iklan atau bahkan keuntungan dari penjualan. Lihatlah, dalam beberapa waktu dekat akan ada peniru-peniru yang akan membuat game sejenis Pokemon Go ini. Namun Nitendo memiliki keuntungan karena mereka menjadi pionir, namun jika mereka berhenti berinovasi, maka bisa dipastikan nasib Pokemon ini hanya akan seumur jagung. 


Sumber : Entrepreneur.com | Puji Astuti


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

ria rahmadani 19 February 2020 - 20:05:36

Pengertian dari masalah sosial

0 Answer

Benedicto Morio Wada 18 February 2020 - 14:51:23

Riri Panjaitan

0 Answer

iwan hidayat 18 February 2020 - 11:44:00

Pakaian

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)