Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri Uskup Paraiba Karena Kasus Ini

Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri Uskup Paraiba Karena Kasus Ini

Mega Permata Official Writer
2620

Terkait sebuah skandal pelecehan seksual atau pedofilia yang berlarut-larut terhadap anak didik di dalam lingkup gereja Katolik, Paus Fransiskus menerima pengunduran diri dari Uskup Agung Aldo Di Cillo Pagotto dari Paraiba, Brazil, Rabu (6/7). 

Uskup Agung Aldo Di Cillo Pagotto telah resmi mengakhiri 12 tahun masa pengabdiannya di Keuskupan Agung Paraiba setelah dituduh melindungi imam pedofil. Dalam sebuah surat pengunduran dirinya, Pagotto mengakui bahwa ia telah membuat beberapa kesalahan dalam proses mencoba melakukan yang terbaik dalam tiap tugas-tugasnya. Paus Fransiskus menerima pengunduran dirinya sesuai dengan ketentuan hukum Canon 401.2 yaitu, “sakit atau penyebab berat lainnya” dari kitab Hukum Kanonik.

Di usia 66 tahun, Pagotto, diduga menyambut imam dan seminaris yang dituduh telah melakukan pelecehan seks setelah mereka diusir dari jemaat lain. Beberapa juga menyalahkan dirinya karena menolak mengatasi masalah pelecehan seksual dalam gereja, seperti dilansir oleh Christiandaily.com.

Dalam suratnya, Pagotto mengatakan, “Saya memberi perlindungan untuk para imam dan seminaris, sebagai tawaran dalam kesempatan baru bagi kehidupan mereka. Di antaranya, beberapa orang yang kemudian diduga melakukan kelalaian serius. Saya membuat kesalahan dengan terlalu percaya.” 

Vatikan tidak memberikan alasan pasti pengunduran diri dari Pagotto, tetapi perlu dicatat bahwa uskup dilarang menahbiskan imam dan diaken baru dan mengambil seminaris baru sampai investigasi atas masalah tersebut selesai. Sebelumnya, di bulan Juni lalu, Paus Fransiskus juga menyampaikan peringatan keputusan uskup yang menutupi imam pedofil bahwa mereka akan dihapus atau dikeluarkan dari jabatan mereka. (BACA: Ini Keputusan Paus Fransiskus Dalam Menanggapi Kasus Pelecehan Seksual)

Sumber : Christiandaily/Christiantimes/Jawaban.com

Ikuti Kami