Kapan Waktu Makan Buah yang Baik, Sebelum atau Sesudah Makan?

Health / 12 July 2016

Kalangan Sendiri

Kapan Waktu Makan Buah yang Baik, Sebelum atau Sesudah Makan?

Lori Official Writer
4383

Buah adalah salah satu jenis makanan yang penting bagi tubuh. Buah juga bisa disajikan dalam beragam sajian seperti dicampur dengan susu dan pudding (salad buah), dengan whipped cream, dicelup dalam cokelat dan sebagainya.

Namun pertanyaannya adalah manakah waktu yang tepat makan buah? Sebelum atau sesudah makan? Menurut ahli gizi, memakan buah yang tepat bisa dilakukan satu jam sebelum atau dua jam sesudah makan. Apa manfaat menerapkan makan buah dengan pola tersebut? Ternyata gizinya terserap maksimal dalam tubuh.

Serat dikenal membantu pergerakan di perut. Itu sebabnya, buah-buahan yang kaya serat lebih tepat dikonsumsi sebelum makan untuk membantu pergerakan makanan. Bukan berarti buah-buahan lain tidak bisa dikonsumsi setelah makan. Tetapi, akan lebih baik memberi jeda sekitar dua jam setelah makan sebelum mengkonsumsi buah.

Bagaimana cara mengkonsumsi buah yang baik?

Tidak salah jika memakan lebih dari satu buah pada satu waktu tertentu, tetapi cobalah untuk makan satu jenis buah saja dan hindari menggabungkan buah manis dengan buah asam. Hindari pula memakan buah yang berbenturan, seperti memakan Yogurt dan buah jeruk dalam suatu waktu. Karena hal itu bisa menyebabkan sakit perut serta gangguan pencernaan. Sementara bagi penderita maag, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah asam seperti nanas sebelum makan.

Ada beberapa cara pengolahan yang bisa dilakukan untuk menikmati sajian buah, bisa dengan cara langsung dimakan, diblender atau dijus. Dari ketiganya, cara yang lebih baik adalah dengan langsung memakan buah tanpa proses pengolahan karena kandungan nutrisinya masih terbilang utuh.

Sementara jika diblender, kandungan serat dan vitamin sebagian akan hilang. Hal ini tentu saja mempengaruhi jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh yang berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan, membantu mengikat lemak dan gula darah.

Setelah mengetahui fakta ini, cobalah menerapkan pola makan buah yang baik dan benar. Karena hal ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami