Harus Kembali Semangat Bekerja Setelah Liburan Intip 7 Tips Jitu Ini

Harus Kembali Semangat Bekerja Setelah Liburan Intip 7 Tips Jitu Ini

Mega Permata Official Writer
3630

Sebentar lagi liburan panjang tampaknya akan segera berakhir dan kembali melanjutkan rutinitas pekerjaan. Pasti tidak enak rasanya mengingat pekerjaan menanti ditengah-tengah kenikmatan berlibur, tapi itulah yang harus kita hadapi. Apalagi saat kita mengingat kemacetan lalu lintas yang tak dapat dihindari, pekerjaan yang harus di selesaikan bahkan meeting yang tertunda. Akibatnya saat menjelang berakhirnya libur, bukannya rileks yang didapat tetapi malah tekanan akibat pikiran besok harus kerja, harus absen/cuti dan mungkin menghadapi atasan yang mungkin kita kurang suka. 

Apakah kamu termasuk? Berikut beberapa tips ini bisa menjadi cara ampuh untuk kembalikan dan meningkatkan semangat kerja setelah liburan panjang;

Pertama, Saat sedang berlibur, berliburlah dengan sepuasnya

Yup, momen berlibur sangat susah kita dapatkan saat sedang sibuk-sibuknya bekerja. Jadi ketika kita memiliki kesempatan libur panjang, nikmatilah dengan sepuasnya. Karena saat kita berlibur itu juga dapat membantu meringankan beban pikiran kita dan jauh dari stress. Setelah berlibur kemungkinan kita kembali dengan muka berseri, pikiran jernih dan fresh saat harus kembali bekerja nanti.

Kedua, Jangan ikut absen di hari pertama masuk kerja

Banyak sekali kita dapati fakta bahwa PNS atau pegawai swasta tidak masuk kerja pada hari pertama. Jadi displinlah. Seperti dikutip dari pemimpinsuper.com, “Jika tidak memulai kerja sejak hari pertama, efeknya akan berlanjut. Anda bisa saja main kucing-kucingan dengan atasan Anda karena berusaha mencari alasan untuk membenarkan ketidakdisiplinan Anda.”

Ketiga, Sehari di Muka

Maksudnya adalah tibalah sehari sebelum Anda masuk kerja, sehingga kita memiliki waktu istirahat, membongkar koper, dan beres-beres. Dengan demikian kita tidak merasa terburu-buru, kecapaian, atau jetlag.

Keempat, Berpikir positif

Setiap hari terakhir libur, para pekerja atau karyawan pasti akan mengeluhkan betapa malasnya pergi ke kantor. Hal tersebut terjadi karena kita memasukan input negatif ke dalam otak kita. Coba hilangkan hal-hal negatif tersebut dengan memikirkan hal baik, hal positif untuk meningkatkan semangat kerja. Salah satunya adalah berpikir bekerja untuk biaya berlibur bisa menjadi cara alternatif kita kembalikan semangat kerja.

Kelima, Sarapan Sehat

Biasakan sebelum beraktifitas dengan sarapan makanan sehat. Karena didalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal itu pula yang harus kita pahami, selama liburan, tubuh dan pikiran berada dalam status off. Artinya tubuh dibiasakan untuk bersantai dan tidak memikirkan hal yang berat. Namun ketika harus kembali bekerja maka tubuh dan pikiran harus kembali diaktifkan kembali. 

Keenam, Tiba lebih awal

Setelah beberapa lama berlibur atau bangun siang, kita menjadi terbiasa bermalas-malasan. Tetapi sekarang adalah saatnya Anda bekerja dan tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah dengan bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja. Dengan begini kita memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan sehingga kita tidak ketetetan saat mengerjakannya nanti. Kita juga bisa membuat to-do-list hari pertama kerja itu.

Ketujuh, Bekerja dengan bertahap, santai dan pasti

Ambil watu untuk merapikan meja dan buat proritas mana yang harus dilakukan. Bekerjalah dengan perlahan. Tetapi bukan berarti lantas kita melupakan pekerjaan namun berusahalah bekerja dengan rileks dan pasti serta jangan berpikir Anda ingin buru-buru pulang ke rumah. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com

Ikuti Kami