5 Keahlian Penting  Untuk Suksesnya  Bisnis Online
Sumber: Google.com

Finance / 16 June 2016

Kalangan Sendiri

5 Keahlian Penting Untuk Suksesnya Bisnis Online

Puji Astuti Official Writer
3822

Anda ingin memulai bisnis online? Sudah tahu apa saja keahlian yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online? Untuk lebih spesifik, tentu hal tersebut berhubungan dengan jenis usaha online apa yang ingin Anda jalankan. Namun ada keahlian mendasar yang sangat penting dalam bisnis online, berikut adalah 5 diantaranya :

1. Membuat website

Website bisa diibaratkan sebagai rumah untuk sebuah usaha online. Untuk membuat sebuah website Anda perlu menentukan alamat website dan kemudian membeli alamat website itu beserta hostingnya. Beberapa perusahaan yang menjual domain biasanya sudah menyediakan program untuk membuat website secara instant, salah satu program yang sangat popular digunakan untuk pembuatan website adalah Wordpress.com. 

Akan sedikit rumit jika Anda ingin membuat website sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Mungkin Anda bisa pertimbangkan template website yang tersedia gratis atau pun membeli yang sudah jadi. Namun jika Anda tidak ingin ambil pusing dengan masalah tehnik ini, ada banyak penyedia jasa pembuatan website yang bersedia membantu Anda, dan Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran Anda. 

2. SEO

Bagi sebuah website, jumlah visitor yang datang dari mesin pencarian seperti Google menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Jika Anda tidak melakukan riset kata kunci/keyword dan secara berkala meningkatkan SEO website Anda, hal tersebut akan mempengaruhi jumlah visitor yang mengunjungi website Anda sehingga akhirnya Anda kalah dalam persaingan online. 

Riset keyword barulah bagian awalnya saja dalam SEO, untuk membuat SEO sebuah website lebih baik lagi, Anda perlu membuat desain yang responsif, membangun back link, dan masih banyak lagi. Namun satu yang utama adalah membuat konten Anda berada di halaman pertama mesin pencari. 

Jika Anda memiliki keahlian ini, tentu sangat bagus. Namun jika tidak, kembali lagi bahwa saat ini sudah ada banyak jasa penyedia jasa layanan SEO. Tetapi Anda harus selektif, pastikan bahwa penyedia jasa tersebut benar-benar bisa dan tahu penanganan SEO sehingga dana yang Anda keluarkan tidak terbuang percuma. 

3. Pembuatan konten

Konten adalah raja, itu adalah sebuah slogan dalam dunia online media. Jika Anda menyediakan konten yang memberikan nilai tambah, original dan unik, maka bisa dipastikan bisnis online Anda akan berhasil. Konten akan mendorong pertumbuhan pengunjung, membangun kepercayaan pelanggan dan menarik klien. 

Saat ini konten di dunia online sangat beragam, mulai dari artikel, image, video bahkan audio. Pembuatan konten ini tentunya membutuhkan tenaga, pikiran dan bahkan uang. Perlu Anda ingat betul, jangan pernah meremehkan pentingnya konten dalam bisnis online, karena hal tersebut menjadi faktor utama yang menarik pengunjung ke website Anda. 

4. Menentukan niche 

Apakah Anda memiliki keahlian yang spesifik, jika ya, maka hal itu bisa menjadi niche dalam bisnis Anda. Apa itu niche? Niche adalah posisi atau aktifitas yang sesuai dengan talenta dan kepribadian seseorang yang membuat orang tersebut unik dan berbeda dari yang lain. Jadi saat memulai bisnis online Anda harus bisa menentukan apa yang bisa membuat usaha tersebut unik dan berbeda dengan bisnis yang lain. 

Hal tersebut bukan berarti Anda harus tahu segalanya tentang topik atau niche tersebut, namun memiliki pengertian yang cukup tentang hal spesifik tersebut bisa menjadi bekal awal yang penting untuk usaha Anda. 

5. Iklan berbayar

Konten memang dapat mendorong pengunjung organik dari mesin pencari, namun iklan berbayar juga sangat penting. Kebanyakan iklan berbayar online menyediakan fitur untuk membuat target spesifik mulai dari wilayah, usia, hobi, dan beberapa hal lainnya. Hal ini dapat membuktikan keefektifan dari website dan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Walau demikian bukan berarti iklan online adalah sesuatu yang mudah, hal tersebut juga membutuhkan keahlian untuk bisa membuat iklan yang menarik, efektif dan menjual. Konversi dari mereka yang meng-klik iklan Anda dan yang memutuskan untuk membeli adalah ukuran keberhasilan dari iklan online Anda. Jika Anda tidak yakin dengan keahlian Anda dalam membuat iklan online, kini ada banyak penyedia jasa iklan online, harganya pun cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan anggaran Anda. 

Jadi, apakah Anda Anda sudah siap untuk memulai usaha online Anda? Ingatlah bahwa untuk memulai usaha sendiri, tentunya ada banyak hal yang mau tidak mau Anda harus kerjakan sendiri. Walau demikian jangan kenal lelah untuk mengejar impian Anda, jika Anda melakukan dengan semangat dan kegigihan pasti keberhasilan akan Anda capai. 


Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami