4 Fakta tentang Penyakit Parkinson
Sumber: www.michaeljfox.org

Health / 7 June 2016

Kalangan Sendiri

4 Fakta tentang Penyakit Parkinson

Lori Official Writer
7177

Parkinson adalah jenis penyakit yang merenggut nyawa petinju legendaris Muhammad Ali pada Jumat, 3 Juni 2016. Dia didiagnosa meninggal karena penyakit Parkinson yang sudah dideritanya selama 32 tahun. Untuk lebih mengenal penyakit ini, berikut empat fakta yang perlu diketahui tentang penyakit Parkinson.  

Apa itu penyakit Parkinson?

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurologis yang menyebabkan seseorang kehilangan kontrol atas gerak tubuh mereka. Penyakit ini ditandai dengan tremor atau gerak penderita yang begitu lambat seperti berjalan terseret-seret, anggota badan kaku dan terjadi gangguan pada keseimbangan tubuh serta cara berbicara yang melantur.

Sekitar 1 juta orang Amerika hidup dengan penyakit Parkinson. Sementara secara keseluruhan ditemukan ada sekitar 4 juta dari 5 juta orang di dunia yang mengalami penyakit serupa. Penyakit ini biasanya menyerang mereka yang berusia 60 tahun ke atas. Namun tak tak tertutup kemungkinan akan terjadi kepada orang-orang berusia di bawah 40 tahun.

Apa penyebab penyakit Parkinson?

Hingga saat ini penyebab penyakit Parkinson belum diketahui secara pasti. Namun banyak pakar yang memprediksi penyakit ini timbul dari sel, yang memproduksi salah satu zat kimia dalam otak yaitu dopamin mulai rusak dan mati. Dalam hal ini zat dopamin berfungsi sebagai penghantar sinyal ke otak yang mengontrol gerak. Gejala Parkinson mulai muncul setelah sel penghasil dopamine mati dan menyebabkan asupan neurotransmitter atau senyawa organik endogenus penghantar sinyal di neuron semakin sedikit dan menganggu kerja otak.

Pengobatan untuk Parkinson

Pakar medis masih belum menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit Parkinson. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan penderita Parkinson obat yang mampu meningkatkan kadar dopamin atau dengan memberikan perawatan dengan terapi fisik.

Bagi penderita Parkinson yang sudah dalam tahap kronis, kondisi tubuh akan perlahan-lahan memburuk. Dalam kasus yang lebih buruk, penderita bahkan bisa mengalami kelumpuhan dan mengalami gejala non motorik seperti depresi dan disfungsi kognitif.

Apakah Parkinson bisa menyebabkan kematian?

Parkinson bukanlah penyakit fatal yang bisa menyebabkan penderitanya meninggal. Namun kondisi penderita bisa menjadi semakin buruk saat terjadi komplikasi dari penyakit lainnya. Gangguan pernapasan adalah salah satu penyakit yang akan semakin melemahkan otot dan menghambat kemampuan penderita untuk menelan dan batuk. Penyakit lain yang paling membahayakan adalah pneumonia aspirasi, yang banyak menyebabkan kematian bagi pasien Parkinson.  

Parkinson adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menurunkan kualitas hidup. Untuk itu dianjurkan untuk tetap waspada apabila gejala-gejala penyakit ini mulai muncul. Segera periksakan kesehatan Anda secara berkala.

Sumber : Cbslocal.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami