Lori

Official Writer
2331


Mendisiplinkan anak adalah tugas besar bagi orang tua yang tidak bisa di anggap mudah apalagi sepele. Agar anak bertumbuh dengan karakter yang baik, orangtua sebaiknya sudah mengajarkan mereka tentang berbagai hal yang tepat sejak dini. Sehingga saat dewasa mereka menjadi terbiasa dengan cara hidup yang baik dan disiplin.

Jika di artikel sebelumnya 10 Cara Tepat Mendisiplinkan Anak dengan Kata-kata (Bagian 1) sudah dijabarkan tentang sebagian dari cara tepat mendisiplinkan anak dengan kata-kata, maka artikel ini akan menjabarkan cara lain yang bisa diterapkan orangtua dalam mendidik anak-anaknya, seperti:

#6  Beri Pilihan Menarik

Jika anak Anda meminta sesuatu yang Anda tidak ingin berikan, maka sodorkanlah pilihan lain. Seperti ‘Kamu tidak bisa pergi ke taman hari ini, tapi kita bisa pergi bermain ice skating. Meskipun itu bukan hal yang mereka inginkan, tetapi dengan cara tersebut sAnda bisa terbantu untuk menghindari kata ‘Tidak’ yang membuat anak menjadi ngambek atau marah.

#7  Usahakan berbicara pada intinya

Saat mendisiplinkan anak, usahakanlah untuk tidak terus mengomeli anak ketika matanya sudah tampak berkaca-kaca. Berbicaralah sesingkat mungkin dan tepat pada intinya. Sebaliknya, ketika Anda terus mengomel panjang lebar, saat itu anak akan kehilangan perhatian Anda, mereka akan cenderung abai dengan kata-kata yang Anda ucapkan.

#8 Selipkan pesan di catatan kecil

Cara yang satu ini terbukti berhasil membuat anak patuh pada nasihat orang tuanya. Hal ini terbilang begitu sederhana karena Anda hanya perlu menulis sesuatu yang anak ‘bisa’ atau ‘tidak bisa’ lakukan dengan menulisnya dalam secarik kertas. Contoh lain, saat membekali anak dengan makan siangnya Anda bisa menempelkan tulisan kecil di kotak makannya ‘Jangan lupa memakan habis makanannya’ atau ‘Selamat makan siang, sayang!’ Anak akan lebih peduli dengan tulisan di secarik kertas daripada mendengar omelan Anda sepanjang hari.

#9 Ambil keputusan dengan serius  

Kadang kala anak akan menyodorkan sejumlah permintaan kepada orang tua. Permintaan itu bisa saja sangat mendesak, sementara orangtua menilai permintaan itu kurang tepat atau tidak pada waktunya. Sampaikanlah keputusan Anda secara serius untuk menjelaskan kepada anak bahwa permintaan mereka ditolak. Gunakanlah nada suara yang menegaskan bahwa Anda tidak bisa memenuhi keinginan mereka.

#10 Konsisten dengan ucapan Anda

Jika Anda mengatakan ‘Tidak’ berarti tidak sama sekali. Tetapi jika Anda mengatakan ‘tidak’ namun beberapa waktu kemudian Anda berubah pikiran dan mengatakan ‘Ya’, Anda hanya akan membuat tugas Anda mendisiplinkan anak menjadi lebih rumit. Akibatnya, Anda akan menghadapi anak yang tidak pernah menanggapi Anda serius meski kondisinya sedang dalam serius. Untuk itu, kendalikanlah anak dengan menunjukkan bahwa Anda adalah orang tua yang konsisten dengan ucapan dan tindakan Anda. 

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2