Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
3164


Kesehatan emosional adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam menjalani sebuah pernikahan. Pendeta Gereja Saddleback, Lake Forest, California sekaligus penulis buku The Purpose Driven Life, Rick Warren mengatakan karakter berperan penting dalam menentukan berhasil tidaknya sebuah hubungan. Tak dipungkiri, delapan dari sepuluh kehidupan pernikahan rusak karena ‘salah satu atau kedua pasangan tidak sehat secara emosional’. (Baca Artikel 7 Tipe Suami yang Kerap Dikeluhkan Istri)

“Jika Anda menunggu istri atau suami Anda sempurna, itu tidak akan terjadi begitu saja. Ijinkan saya memberitahu Anda mengapa: Kita semua sudah rusak. Itu sebabnya kita membutuhkan Juruslamat. Kita perlu Yesus. Tuhan mengasihi kita, tetapi Anda harus mengerti bahwa siapapun yang Anda nikahi akan rusak juga,” tulis Warren dalam blognya.

Ia menambahkan bahwa semua orang sudah rusak, tetapi ada beberapa orang yang jauh lebih rusak daripada yang lain. Dan kita patut mneghindari orang-orang seperti itu, tak peduli seberapa tampan, kaya atau kerennya mereka. Dia mengingatkan agar kita perlu mengetahui kondisi kesehatan emosi calon pasangan kita terlebih dahulu sebelum memasuki hubungan pernikahan yang bersifat jangka panjang. (Baca Artikel 9 Perilaku Buruk yang Pantang Dilakukan Pria Menikah)

Untuk itu, Warren memberi 7 karakter ideal yang harus dimiliki suami atau istri.

1. Seorang suami atau istri tidak hidup dalam kemarahan yang tak terkontrol

2. Seorang suami atau istri tidak terikat dengan beragam kecanduan (obat-obatan, rokok, alkohol, pornografi, dan sebagainya)

3. Seorang suami atau istri tidak menyimpan kepahitan

4. Seorang suami atau istri tidak egois atau hanya mementingkan diri sendiri

5. Seorang suami istri tidak serakah

6. Seorang suami istri harus memiliki sifat bermurah hati dan baik

7.  Seorang suami istri yang jujur dan yang menghidupi kebenaran

Ketujuh poin di atas mungkin terlihat seperti daftar yang mustahil dimiliki secara lengkap oleh seorang suami atau istri, tetapi Warren mengatakan ‘Tuhan peduli akan Anda dan peduli akan siapa yang Anda nikahi”.

“Hal yang harus Anda lakukan selama berdoa dan menunggu Tuhan menunjukkan siapa yang Anda nikahi adalah melakukan kehendak Allah dalam hidup Anda. Dengan kata lain, menaati Allah dalam segala hal yang Anda sadari harus dilakukan dan mulai mempersiapkan diri menjadi pribadi yang pasangan Anda cari,” katanya.

Ia menuturkan, tak peduli dalam kondisi apapun Anda, Allah adalah sumber harapan. Anda hanya perlu melakukan hal-hal yang Tuhan ingin Anda lakukan, dan akan tiba saatnya bagaimana Dia bekerja dengan luar biasa dalam hidup Anda. Jika Anda adalah pasangan suami istri yang masih belum menghidupi 7 karakter di atas, maka mulailah dari terlebih dahulu memeriksa kembali hubungan Anda dengan Tuhan. Karena hal yang menentukan sebuah hubungan yang berhasil adalah ketika Anda sudah terfokus kepada Tuhan. “Jangan coba-coba pacaran sebelum emosinal Anda yang rusak dipulihkan atau setidaknya sampai Anda mengalami proses pemulihan. Kita harus menyingkirkan setiap kepahtan dalam hidup. Singkirkan kemarahan dalam hidup kita. Dengan kata lain, kita harus sepakat dengan diri kita sendiri. Bagaimana saya melakukannya? Dapatkan dalam Tuhan. Belajarlah dari Yesus,” tandasnya.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Maya panjaitan 16 February 2020 - 10:58:39

Saya mau minta doa

0 Answer

Bbyfox fox 15 February 2020 - 22:48:11

Arti kata logos

0 Answer

Rido Parasian Simatupang 15 February 2020 - 21:34:58

saya ingin bertanya, saya mempunyai masalah dalam .. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7262

Banner Mitra Februari 2020 (2)