7 Jenis Perselingkuhan yang Sering Tak Disadari (2)

7 Jenis Perselingkuhan yang Sering Tak Disadari (2)

daniel.tanamal Official Writer
3094

Sahabat anda mungkin memang tak pernah berhubungan dengan pria atau wanita lain selain pasangan Anda. Anda juga tidak pernah diam-diam menemui orang lain, atau melontarkan kata-kata cinta selain pada pasangan. Jadi, tentu saja Anda merasa tidak pernah mengkhianati pasangan.

Namun tanpa Anda sadari ada beberapa pengkhianatan yang Anda lakukan. Walaupun memang tidak memiliki efek yang langsung fatal, namun jika dibiarkan berlarut-larut akan sama merusaknya untuk pernikahan Anda. Dilansir dari HUffington Post, ditulis Selasa 8/12/2015, ada 7 jenis pengkhianatan yang sering tanpa disadari dilakukan:


4 Anda membohongi pasangan secara finansial
Pembelian diam-diam yang Anda lakukan di balik punggung pasangan suatu saat nanti akan terbongkar, dan ketika hal ini terjadi, bisa menimbulkan masalah besar. Sebuah penelitian pada tahun 2011 yang dilakukan oleh National Endowment for Financial Education menemukan bahwa pada 68 persen kesempatan, kebohongan finansial memiliki efek negatif pada pernikahan dengan 16 persen pernikahan berakhir karena hal ini.

5 Anda menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman dibanding pasangan
Memiliki hobi dan ketertarikan lain di luar pernikahan itu penting--dan terus bersama pasangan selama 24 jam 7 hari seminggu tidaklah sehat. Tapi, hal itu bisa jadi masalah ketika pasangan mulai merasa mereka mulai menjadi seperti penonton terhadap hal-hal yang terjadi pada hidup Anda, terutama ketika Anda bersama teman-teman. Menempatkan sahabat di atas pasangan akan menciptakan jarak dan ketidakperayaan antara kali berdua, yang pada akhirnya dapat merusak hubungan," ujar Otto Collins.

6 Anda mengeluhkan pasangan pada orang lain
Anda mungkin merasa mengeluhkan kebiasaan buruk pasangan pada sahabat atau keluarga tidaklah berbahaya, namun hal ini menciptakan suatu pengkhianatan kecil tercipta ketika Anda membeberkan keburukan suami pada orang lain. Susie Collins, seorang konsultan pernikahan mengatakan, "Jangan pernah mengatakan atau melakukan sesuatu saat Anda sedang tidak bersama pasangan, hal-hal yang tidak akan Anda lakukan saat dia berdiri di samping Anda."


Beberapa orang mungkin berpikir mencurahkan masalah mereka pada orang lain adalah sesuatu yang sehat, namun menurut Susie hal ini justru akan menciptakan suatu jarak antara Anda berdua yang mungkin tak Anda sadari.

7 Ketika Anda memblok pasangan
Memblokir pasangan--yaitu saat Anda menjadi defensif dan menarik diri dari argumentasi dan bukanya membicarakan hal tersebut--bisa jadi sangat merusak hubungan, ujar zeine.
"Menahan pikiran, keyakinan dan emosi bertentangan dengan tujuan dari suatu hubungan yang intim," ujarnya. "Ketika seorang pasangan mendiamkan pasangannya atau mengatakan 'tak ada masalah' ketika ada yang salah, Anda akan merasa tak berdaya berhadapan dengan tembok yang dibangun pasangan. Anda akan merasa terkhianati oleh pasangan karena ia menyisihkan Anda dan tidak membiarkan Anda mendekat."

Dan ketika Anda diam, saat itulah asumsi tentang hal yang terburuk tercipta. "Prilaku pasif-agresif yang mendiamkan menciptakan celah bagi pasangan untuk menginterpretasikannya sesuai dengan keinginan mereka. Ketika merasakan sakit dan marah, asumsi dan interpretasi tersebut biasanya sangat berat sebelah dan tidak adil," tutupnya.


Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami