Mengapa Paus Fransiskus Minta Dirinya Didoakan Agar Miskin?

Mengapa Paus Fransiskus Minta Dirinya Didoakan Agar Miskin?

daniel.tanamal Official Writer
2629

Paus Fransiskus baru-baru mengeluarkan permintaan yang cukup unik. Paus yang terkenal dengan kesederhanaannya itu berbicara pada hari Sabtu (7/5) dengan anggota badan amal medis Italia yang bekerja di Afrika dan mengungkapkan keinginannya untuk menunjukkan kesatuan dengan kaum miskin.

Kepada organisasi Doctors with Africa, Paus memuji pekerjaan mereka dalam sistem kesehatan terburuk di tujuh negara Afrika. “Saya meminta Anda mendoakan saya juga, sehingga Tuhan membuat saya menjadi semakin miskin setiap harinya,” katanya.

Paus juga menekankan bahwa kesehatan bukan barang konsumen tapi hak universal. Oleh karena itu, akses untuk mendapatkan layanan kesehatan bukanlah hak istimewa. Namun, dia juga mengakui bahwa di banyak negara pelayanan kesehatan masih menjadi hak orang kaya.

? ?Pelayanan kesehatan, khususnya di tingkat paling dasar, sulit didapatkan di banyak negara di dunia dan banyak daerah di Afrika. Itu belum menjadi hak bagi semua orang tapi masih merupakan hak istimewa bagi beberapa orang, bagi mereka yang mampu,” kata dia seperti dilansir pernyataan Vatikan.

Dia mengatakan bahwa situasi di Afrika saat ini sangat memprihatinkan. “Di Afrika, banyak ibu yang meninggal saat melahirkan dan terlalu banyak anak-anak yang tidak sanggup bertahan hidup lebih dari sebulan pertama karena kurang gizi dan penyakit,” ujarnya di hadapan 9.000 dokter dan sukarelawan.


Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami