Temukan Jenjang Karirmu dan Intip Kisaran Gajinya Disini

Temukan Jenjang Karirmu dan Intip Kisaran Gajinya Disini

Puji Astuti Official Writer
3256

Apa yang Anda inginkan dari pekerjaan impian? Selain tentunya pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kesukaan Anda, gaji adalah salah satu motivasinya bukan? Standar gaji tiap-tiap perusahaan tentu berbeda-beda walau demikian ada standar gaji rata-rata di perusahaan Indonesia berdasarkan posisinya. Tentunya semakin tinggi posisi, semakin besar gajinya. Nah, pengetahuan ini bisa menjadi dasar bagi Anda saat melakukan tawar menawar upah yang akan Anda terima nanti. 

1. Fresh graduate

Mereka yang baru saja mentas dari perguruan tinggi biasanya mendapatkan posisi pemula di perusahaan. Hal ini karena adanya pandangan bahwa mereka yang baru lulus masih kurang berpengalaman. Namun jika Anda yakin dengan kemampuan dan keahlian Anda, jangan mudah terintimidasi saat wawancara. Yakinkan pihak perusahaan bahwa jika Anda menjadi bagian tim, diri Anda akan dapat membuat perbedaan yang berkontribusi positif bagi perusahaan. memang rata-rata paling kecil daripada posisi lain. Sebagai pemula, standar gaji untuk para fresh graduate biasanya berada di kisaran Rp 2-4 juta per bulan. 

2. Asisten manajer

Untuk berada di posisi ini biasanya dibutuhkan waktu  bekerja selama 3-5 tahun. Tentunya promosi tersebut berdasarkan performa kerja karyawan dan juga jenjang karir yang ada di perusahaan tersebut. Sedangkan untuk standar gaji bagi asisten manajer adalah Rp 5-8 juta per bulan.

3. Manajer

Untuk bisa mencapai posisi manajemen ini, biasanya mereka harus memiliki pengalaman kerja 7-10 tahun dibidangnya. Untuk mereka yang berada di posisi manajer ini, kisaran gaji mereka bisa mencapai Rp 10-15 juta per bulan. Selain gaji, biasanya manajer juga mendapatkan fasilitas seperti tunjangan jabatan dan kendaraan.

4. General Manajer

Posisi ini sudah masuk dalam jajaran eksekutif manajemen, dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dari seorang manajer maka tentu upahnya pun  demikian. Kisaran gaji bagi seorang general manajer bisa mencapai Rp 20-30 juta per bulan beserta dengan tunjangan-tunjangan lainnya.

5. Kepala Divisi atau Direktur

Meniti karir dari bawah hingga mencapai posisi kepala divisi dan direktur bukanlah hal yang mustahil. Sudah banyak yang membuktikan bahwa mereka memulai karir dari staf dan bekerja keras hingga bisa menjadi seorang kepala divisi dan direktur. Jika Anda mengincar posisi ini, kisaran gaji yang bisa dikantongi adalah  Rp 50-100 juta per bulan, ditambah dengan tunjangan-tunjangan lainnya.

Namun kesuksesan bukan hanya tentang jenjang karir atau besaran gaji saja, namun juga apakah pekerjaan itu sudah sesuai dengan visi dan misi hidup Anda, serta apakah Anda menemukan kepuasan dalam menjalaninya. Untuk itu pastikan bahwa Anda mengejar pekerjaan impian itu, dan juga mengatur keuangan dengan baik sebesar apapun upah yang Anda terima. Dengan demikian bukan hanya Anda puas secara batin namun juga bisa menikmati kehidupan yang berkecukupan. 


Sumber : Liputan6.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami