Pesan Uskup Sanggau Terkait Pembangunan Gereja
Sumber: www.dokpenkwi.org

Nasional / 11 May 2016

Kalangan Sendiri

Pesan Uskup Sanggau Terkait Pembangunan Gereja

Mega Permata Official Writer
11941

Seperti dilansir dari pontianakpost.com, senin lalu (9/5) Bupati Sanggau melakukan prosesi peletakan batu pertama sebagai tanda peresmian pembangunan Gereja Katolik Stasi Santo Yosef Entuma, Desa Pandu Raya Kecamatan Parindu. Sebagai Uskup Sanggau, Mgr. Giullio Menccuncini, Pr, mengatakan, “Peran doa dan permohonan kita sangat penting. Jika Tuhan tak menghendaki, maka usaha pembangunan tidak akan terwujud dengan baik,” kata beliau saat menghadiri Peletakan batu pertama Gereja Katolik Stasi Santo Yosef Entuma.

Beliau menambahkan, gereja merupakan lambang persatuan umat beragama. Sehingga harus ditarik makna agar jangan sampai ada perpecahan didalam umat. Jangan sampai umat terjebak dengan bangunan fisik semata yang megah, namun harus diiringi dengan sikap dan perbuatan baik kepada sesama umat.

Menurut Bupati Sanggau, pemerintah daerah telah berjanji tidak akan memberikan bantuan untuk pembangunan rumah ibadah jika tidak ada umatnya yang ikut serta sukarela memberikan sumbangan atau secara gotong royong ikut membangun. “Selaku bupati, saya tegaskan bahwa tidak akan memberikan bantuan pembangunan dari nol. Umat harus memulai dulu, sebagai tanda umat yang serius dalam membangun tempat ibadah. Pemerintah hanya membantu kekurangannya saja,” tegas Paolus Hadi.

Dalam acara itu, orang nomor satu di Sanggau tersebut juga menyerahkan bantuan hibah kepada panitia pembangunan gereja senilai Rp 250 juta. Sebelumnya, dari iuran umat terkumpul Rp 1,8 juta per kepala keluarga dengan target Rp 400 juta diluar dana bantuan dari pihak lain.

Uskup Giullio berpesan bahwa membangun gereja jangan sekali-kali atas niat ingin bersaing. Namun harus didasarkan pada bukti cinta kepada Tuhan. Dengan begitu, rumah ibadah nantinya akan punya nilai dan makna setelah dibangun dengan niat yang benar.

Sumber : tribunpontianak.com/pontianakpost.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami