Tertarik Dengan Franchise? Coba 6 Kiat Ini Bagi Kamu Yang Pemula

Tertarik Dengan Franchise? Coba 6 Kiat Ini Bagi Kamu Yang Pemula

Mega Permata Official Writer
2674

Bayangkan Anda bisa membangun bisnis Anda sendiri, membuat penghasilan tambahan, dan masih bisa meluangkan waktu untuk bermain, hobi, atau dengan pekerjaan utama Anda. Terdengar menarik bukan?

Waralaba atau Franchise menawarkan kesempatannya dengan kategori tertentu yang dirancang untuk pekerja paruh waktu atau bisnis pemula. Bisnis waralaba ini lumayan bagi pensiunan awal yang ingin mencari sumber tambahan penghasilan atau bagi mereka yang belum siap meninggalkan pekerjaan tetapi ingin memulai perencanaan untuk masa depan. 

Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis waralaba atau franchise ini maka ada beberapa kiat untu dicoba. Seseorang yang berani terjun dalam dunia bisnis haruslah seseorang yang tekun, sabar dengan proses, tekad dan mental yang kuat serta kreativitas yang mendukung. Berikut beberapa kiat menjalankan bisnis waralaba;

Pertama, Ketahui dahulu bisnis tersebut

Akan percuma bila anda salah memilih produk atau bisnis, bila pada akhirnya anda mengalami kerugian. Maka sebelumnya anda harus ekstra mengamati apa yang sedang ramai di sekitar anda. Selain itu usaha tersebut harus menguntungkan hingga jangka panjang. Selera konsumennya juga turut anda pikirkan. Jadi jangan asal mulai berbisnis. Contohnya bila anda hobi kuliner dan anda melihat di lingkungan anda jarang dijumpai oleh macam makanan, dan yakin itu menguntungkan anda, anda bisa mencoba bisnis waralaba.

Kedua, kenali potensi waralaba tersebut 

sudah berapa lama waralaba tersebut berjalan? sudah berapa banyak cabang waralaba tersebut ada?, Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tersebut? Jika waralaba tersebut sudah berjalan lebih dari 4 tahun, dan memiliki ratusan cabang, dan tidak membutuhkan modal besar, maka waralaba tersebut memiliki potensi yang cukup baik, karena data tersebut sudah menunjukkan bahwa bisnis waralaba tersebut sudah teruji dengan waktu.

Ketiga, Tingkatkan kreativitas

Kreativitas sangat diperlukan apabila seseorang memutuskan untuk berbisnis. Terutama berbisnis waralaba. Bisnis waralaba pastilah telah memiliki keseragaman. Baik dalam segi dekorasi toko, produk yang ditawarkan, bahkan seragam karyawannya pun sama. Tugas seseorang Franchise adalah menggali dan mengembangkan kreativitasnya agar usaha yang dijalankan bisa terus maju.

Keempat, Maksimalkan pengenalan lokasi

Seorang yang akan menjalankan bisnis waralaba haruslah memaksimalkan pengenalan lokasi bisnis yang akan dijalankan. Pasalnya, lokasi memang merupakan faktor penentu dalam sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Jangan sampai seorang Franchisee minim pengenalan akan lokasi untuk membuka bisnis waralabanya tersebut. Lokasi menjadi ujung tombak dalam berbisnis. Terutama bisnis waralaba.

Adapun demikian anda tidak usah terpatok pada Mall. Sebagai pemula sebaiknya jangan mencobanya. Biaya sewa di Mall sangatlah mahal dan hal-hal lain yang akan membuat anda tercekik dan gulung tikar. Anda bisa saja memulainya dengan menyewa ruko atau menyewa lahan kosong. 

Kelima, Maksimalkan promosi

Dewasa ini, promosi bisnis tidak hanya dilakukan melalui media cetak yang berupa brosur, pamflet, banner, dan spanduk saja. Tetapi promosi digital juga banyak dilakukan. Promosi digital bisa berupa melalui media sosial yang tengah populer di masyarakat saat ini. Seperti twitter, facebook, instagram, blog, ataupun website. Maksimalkan promosi dari segi media cetak dan segi digital agar bisnis waralaba yang dijalankan mencapai kesuksesan. 

Keenam, Coba Buka Cabang

Jika bisnis anda sudah berkembang dengan sangat pesat dan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak, langkah selanjutnya yang paling masuk akal adalah per besar dan perbanyak bisnis anda! Jika masih ada ruang, lakukan, jika tidak, pilih lokasi lain, dan replikakan cara bisnis anda sebelumnya pada bisnis selanjutnya! Karena seorang pebisnis yang sudah pernah sukses, biasanya akan membuat kesuksesan lain, sederhananya adalah mental anda sudah cukup baik, dan memiliki visi yang cukup baik dalam menerapkan sebuah bisnis.

Demikianlah beberapa kiat sukses dalam berbisnis waralaba atau franchise. Hidup yang dijalani adalah sebuah proses. Sama halnya dengan kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan diperlukan usaha yang tidak instan dan tidak mudah. Seorang yang akan menjalankan bisnis waralaba haruslah seseorang yang memiliki ketekunan yang kuat serta mental yang kuat pula. Dan yang terpenting untuk meraih kesuksesan adalah dengan berdoa. Karena berkat datangnya dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pecinta bisnis.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami