Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
3368


Ayub 14: 1-2

Manusia yang lahir dari perempuan, singkat umurnya dan penuh kegelisahan. Seperti bunga ia berkembang, lalu layu, seperti bayang-bayang ia hilang lenyap dan tidak dapat bertahan.

                                                                    

Pernahkah tersirat dalam hati Anda: “Mengapa saya yang berdosa dan jahat ini diselamatkan?” Kalau jawaban Anda adalah supaya Anda bisa masuk surga, maka Tuhan punya alasan untuk mengakhiri hidup kita, supaya kita tidak hidup di dunia yang fana dan penuh kesusahan ini. Tetapi kenyataannya, Tuhan memberi kita kesempatan untuk hidup sampai saat ini. Untuk apa? Tidak lain agar kita melayani dan memuliakan Tuhan.

Ayat Ayub 14: 1-2 di atas diartikan bahwa tidak ada seorang pun yang tidak dilahirkan oleh seorang wanita dan ayat ini mengingatkan kita bahwa kesempatan kita untuk melayani Tuhan sangatlah singkat.

Jadi waktu adalah harta yang sangat berharga dan lebih bernilai dari apapun. Waktu ini harus kita pergunakan dengan sebaik-baiknya, karena:

- Waktu tidak dapat diulang berbeda dengan harta atau uang.

- Waktu menentukan kualitas hidup sejauh mana kita menggunakan waktu ini untuk melakukan firman Tuhan.

- Waktu adalah kesempatan emas yang diberikan Tuhan untuk menjadi berat bagi banyak orang.

Kisah hidup manusia diibaratkan seperti perumpamaan bunga dan bayang-bayang. Maksudnya adalah :

Bunga yang mengembang

Usia bunga sangat singkat, tetapi kehadirannya memberi pengaruh yang istimewa bagi manusia. 2 Kor. 2:14-16 berkata, “… Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana. Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah-tengah mereka yang diselamatkan dan di antara mereka yang binasa. Bagi yang terakhir kami adalah bau kematian yang mematikan…”

Paulus menulis ayat ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan tentara Romawi waktu pulang dari perang. Biasanya barisan akan dibagi dua, yaitu tentara di bagian depan dan tawanan di bagian belakang. Ketika memasuki kota rakyat akan menyambut dengan taburan bunga. Tentara dan tawanan mencium bau harum yang sama, tetapi mendapat kesan yang berbeda. Bagi tentara bau harum itu mendatangkan harapan, tetapi bagi tawanan mendatangkan ketakutan.

Yesus oleh karya-Nya di salib telah menjadi bau yang harum bagi kita. Maka kiranya hidup kita juga dapat menjadi bau yang harum bagi orang lain. Jadilah berkat di manapun kita berada, mulai dari rumah atau keluarga kita.

Seperti bayang-bayang

Bayang-bayang ada di pagi hari, tetapi di sore hari sudah mulai menghilang, tetapi semua orang menikmati manfaat dari bayang-bayang. Pemazmur dalam Mzm. 102:12 berkata, “Hari-hariku seperti bayang-bayang memanjang…” Pemazmur bersyukur atas kesempatan hidup yang diberikan oleh Tuhan, dan ia berperan seperti bayang-bayang yang panjang, di mana hidupnya telah menjadi perteduhan bagi banyak orang. Kiranya kita juga demikian, dapat menjadi tempat berteduh yang melegakan hati banyak orang.

Dalam Mazmur 102:25 berkata, “Ya Allahku, janganlah mengambil aku pada pertengahan umurku!” Umur kita diibaratkan seperti umur matahari dalam satu hari. Terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari. Masa kanak-kanak rohani digambarkan seperti matahari terbit, di mana kita masih egois dan tidak memikirkan bagaimana memberkati orang lain.

Berikutnya masa muda (ketika kerohanian kita mulai bertumbuh) digambarkan dengan matahari di siang hari, di mana semua berkat masih kita nikmati sendiri. Dan yang terakhir adalah masa dewasa rohani yang digambarkan dengan matahari senja yang meninggalkan bayang-bayang memanjang, di mana kita mulai memikirkan bagaimana menjadi berkat bagi orang lain.

Berlakulah seperti orang dewasa saat usia sudah beranjak dewasa dan jangan lagi mempertahankan sikap kekanak-kanakan yang hanya hidup tanpa pengertian, ataupun seperti orang muda yang hidup hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Semoga kita semakin menyadari pentingnya waktu yang singkat ini untuk membangun sebuah bayang-bayang memanjang, yang dapat memberi dampak dan menjadi berkat bagi banyak orang. 

Sumber : Gpdilembahdieng.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:43

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3