Hobi sendiri? Ini 6 Keuntungan Menikmati Kesendirianmu
Sumber: thelovehawk.com

Single / 14 April 2016

Kalangan Sendiri

Hobi sendiri? Ini 6 Keuntungan Menikmati Kesendirianmu

Mega Permata Official Writer
6051

Sebagian orang mungkin akan merasa ketakutan jika harus menjalani segala sesuatunya sendiri. Di satu sisi, seseorang yang sering menghabiskan waktu untuk sendiri dinilai gagal dalam kehidupan sosial. Mereka dianggap sebagai pribadi yang kurang menyenangkan sehingga tak banyak orang yang mau berdampingan dengannya. Padahal kesendirian tak selalu menggambarkan ketertutupan diri seseorang. Sendiri justru bisa membuat orang lebih bahagia.

Aktivitas kamu sehari-hari dengan jadwal yang padat tentu tidak akan membuat kamu merasakan kedamaian dan ketenangan. Tetapi menghabiskan waktu sendirian dengan melakukan hal-hal favorit kamu pasti akan membuat jiwa kamu jauh lebih santai dan pikiran lebih bersinambungan.

Dr Travis Bradberry, penulis buku Emotional Intelligence 2.0 dan presiden dari TalentSmart, mengatakan bahwa kesendirian baik bagi mental dan emosional seseorang. Oleh karena itu mendapatkan sesuatu dalam hidup, Dr Bradberry mengatakan, kamu perlu belajar untuk menikmati kesendiri. Berikut keuntungan kamu dari menikmati kesendirian.

Pertama,  Relaksasi

Kesendirian dalam beberapa waktu akan membuat kamu rileks. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu diantara alasan yang penting mengapa sendirian adalah hal yang bagus. Ini akan membantu kamu keluar dari stress dan ketegangan hidup. Bahkan seorang ekstrovert juga memerlukan waktu untuk menenangkan diri sendiri dan mensyukuri segala nikmat dalam hidup. Suasana damai dan tenang dalam kesendirian membuat kamu memiliki perspektif baru akan kehidupan yang penuh tuntutan. 

Kedua,  Lebih Percaya Diri 

Kebebasan lebih dari melakukan apa yang kamu mau. Kebebasan adalah kemampuan untuk percaya dengan firasat kamu sendiri dan berpikir jernih tanpa ada tekanan dari pihak lain. Saat bisa merasa nyaman, berarti kamu telah menjalin hubungan yang baik dengan dirimu. Kamu nyaman dengan apa yang kamu jalani, miliki, dan seutuhnya dirimu. Disaat inilah kamu bisa mengingat kebaikan dan hal-hal positif yang memang kamu punya. Ketika merasa bahwa dirimu punya banyak kebaikan yang bisa dibanggakan, kamu pun akan merasa percaya diri dan lebih mantap menatap masa depan dengan menjadi diri sendiri.

Ketiga,  Menambah Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenal dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain, juga kemampuan untuk mengatur perilaku serta hubungan. Kemampuan tersebut dibangun lewat intropeksi diri sendiri ketika menyendiri. 

Ketika melewati hari-hari kerja yang menyita pikiran dan tenaga, luangkan sejenak untuk rehat dari hingar bingar kehidupan pekerjaan dan sosial. Dalam kehidupan sosial seringkali kita dipaksa untuk tampil sempurna. Kita berusaha mendengar dan mempertimbangkan keinginan orang lain, perasaan orang lain, hingga kepentingan orang lain. Terkadang, hal ini membuat kita memilih untuk berkompromi dan mengabaikan diri sendiri.

Keempat,  Dapat Melakukan Apa Saja

Ini berarti kamu dapat melakukan berbagai hal yang ingin kamu lakukan tanpa perlu berkompromi dengan orang lain. Kamu dapat mengerjakan proyek yang berarti bagi kamu sendiri, makan sepuasnya, dan lain-lain.

Kelima,  Menambah Imajinasi dan Kreativitas Kamu

Saat kamu sendirian berarti telah membebaskan pikiran dan imajinasimu. Kamu bisa memikirkan atau memimpikan hal-hal yang bisa jadi di luar nalar. Mungkin kamu bisa bercita-cita menjadi diva penyanyi dunia, artis terkenal, berharap jadi sutradara film, penulis sukses di Indonesia, atau kamu menciptakan penemuan baru yang lebih seru.

Apapun itu, kamu berhak menciptakan ide-ide gila yang bukan tidak mungkin akan mengantarkanmu pada kesuksesan dan pencapaian yang luar biasa. Banyak orang yang sukses lantaran tidak mau peduli dengan anggapan orang lain dan fokus pada pemikiran diri sendiri. Jadi, tak ada salahnya memaksimalkan imajinasi dan kreativitasmu saat sedang sendiri.

Keenam,  Menambah Kerohanian Kamu

Yup mungkin dari semua poin diatas poin terakhir ini cukup sulit dilakukan saat sedang sendiri. Tapi inilah kewajiban kita sebagai umat percaya, harus mendekatkan diri kepada Tuhan Allah kita. Dengan berdoa mengucap syukur atas segala yang telah diberikan-Nya dalam kehidupan kita adalah suatu hal yang baik. Walaupun kita sendiri, tetapi hati kita akan terus bersama Tuhan.

Memang benar bahwa manusia terlahir sebagai manusia sosial yang membutuhkan orang lain dalam bertahan hidup. Namun, meluangkan waktu sendiri tanpa pengaruh dari luar sangat penting untuk mentalitas anda. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami