Ini Alasan Joel Osteen Tidak Kotbahkan Tentang Neraka dan Pertobatan

Ini Alasan Joel Osteen Tidak Kotbahkan Tentang Neraka dan Pertobatan

Puji Astuti Official Writer
5291

Hal ini mungkin sudah menjadi pertanyaan banyak orang, mengapa pendeta sekaliber Joel Osteen tidak pernah mengkotbahkan tentang neraka dan pertobatan. Tidak jarang hal ini menimbulkan pro-kontra dikalangan umat Kristen, hingga akhirnya pada Minggu Paskah lalu, gembala dari Gereja Lakewood tersebut mengungkapkan alasannya saat di wawancara oleh CBS News.

Dalam acara "Sunday Morning" itu Osteen ditanya, "Apakah Anda merasa seperti menipu orang-orang dengan tidak mengatakan kepada mereka tentang neraka? Atau tentang pertobatan?"

"Tidak," demikian jawabnya. "Saya merasa benar-benar merasa tidak bersalah, karena hal ini adalah pendekatan yang berbeda."

"Anda tahu, ini bukan neraka dan belerang. Tetapi saya katakan bahwa kebanyakan orang sudah merasa kalah dalam hidupnya. Mereka sudah merasa cukup bersalah. Mereka melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan, membesarkan anak-anak mereka - kita bisa mengungkapkan banyak alasan lainnya. Jadi saya ingin mereka yang datang ke Lakewood atau pertemuan kami dan merasa dikuatkan, sehingga bisa berkata, 'Anda tahu kenapa? Saya mungkin tidak sempurna, tetapi saya tetap maju ke depan. Saya menjadi lebih baik.' Dan saya pikir hal itu memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik," demikian jelas pendeta mega church tersebut.

Osteen juga menolak konsep tentang "miskin dan bankrut dan kalah adalah bentuk dari kerendahan hati," dan mengungkapkan bahwa ayahnya John Osteen juga lahir dari keluarga yang sederhana sebelum mendirikan Gereja Lakewood.

"Anda tahu, ayah saya dulu sangat, sangat miskin," ungkap Joel. "Tidak ada susu, tidak ada makanan, tidak ada pemanas saat musim dingin. Dan Anda tahu apa yang terjadi? Dia bangkit. Dan dia memiliki mimpi besar dalam hidupnya. Dan Anda bisa lihat apa yang telah ia lakukan bagi kami. Dan begitu juga semua hal tentang saya, Anda tidak harus tetap disana. Anda bisa bisa percaya bahwa Anda bisa naik lebih tinggi."

Joel Osteen juga membantah bahwa pengajarannya adalah Injil versi "gampangan", pada Februari 2012 ia menyatakan bahwa selama bertahun-tahun agama telah menekan umat dan mereka diajarkan bahwa manusia tidak bisa mengukur Tuhan.

"Tujuan utama saya adalah membuat Tuhan baik dan membuat orang-orang mengenal-Nya, hey, saya mengatakannya setiap waktu, Tuhan tersenyum kepadamu sekarang. Kamu adalah anak-Nya. Dia memiliki rencana yang besar atas hidupmu. Kamu bisa memperbaiki kesalahanmu, dan bagi saya, hal itu membuat orang kembali kepada Tuhan," demikian jelas pendeta gereja yang berada di Texas, Amerika Serikat tersebut.

Keberadaan Sorga dan Neraka adalah sebuah fakta, sekalipun hal ini tidak dengan keras disuarakan oleh Joel Osteen. Dan fakta itu tidak bisa dibantah dan hampir setiap orang mengetahui dan menyadari bahwa saat mereka jatuh dalam dosa, hati nurani mereka mengusik. Kebebasan dan kemerdekaan yang sejati bukan hanya saat seseorang tahu bahwa Tuhan mengasihi-Nya, namun saat orang itu menyadari bahwa dirinya membutuhkan Juru Selamat yaitu Yesus Kristus yang telah mati di kayu Salib menggantikan dirinya sehingga ia menerima hidup yang kekal di dalam kebangkitan Kristus.

Sumber : Cristianpost.com | Jawaban.com | Puji Astuti

Ikuti Kami