Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Sumber: manfaat.co.id

Health / 30 March 2016

Kalangan Sendiri

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Mega Permata Official Writer
5023

Seperti namanya, Asam Jawa atau biasa disebut asem merupakan jenis buah yang memiliki rasa masam. Bernama ilmiah Tamarindus indica, tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia. Buah dari asam jawa mengandung berbagai kadar senyawa seperti asam suksinat, asam tartrat, asam sitrat, asam apel, dan gula invert.

Kenyataannya asam jawa tidak hanya digunakan sebagai pelengkap rasa makanan. Asam jawa secara tradisional sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat herbal alami yang bisa mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat asam jawa yang baik untuk kesehatan kita;

Pertama,  Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus. Gejala penyakit ini ditandai dengan perut terasa mulas, BAB disertai darah dan lendir. Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan bakteri dan amoeba. Dengan ramuan tradisional asam jawa penyakit ini bisa disembuhkan. Caranya dengan menumbuk asam jawa sebanyak 5 gram, 10 gram kunyit dan temulawak 10 gram. Selanjutnya serbuk halus tersebut campurkan dengan air panas dan saring airnya. Cukup tambahkan madu satu sendok dan ramuan siap diminum.

Kedua,  Mengobati Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang merusak jaringan sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Eksim biasanya menyerang usia anak-anak. Dengan asam jawa bisa dipercaya mampu membantu mengatasi eksim. Caranya adalah, tumbuk segenggam asam jawa, temulawak dan gula aren. Kemudian direbus dengan 2 gelas air. Selanjutnya, saring airnya dan minum ramuan obat herbal tersebut. Atau cara lainnya seperti bubuhkan atau balurkan kepada kulit yang sakit dengan asam jawa yang sudah ditumbuk halus. 

Ketiga,  Obat Batuk Kering

Ambil 3 buah polong asam jawa dan 1 gengam daun saga. Rebus keduanya dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum sebanyak 2 kali sehari. Dilakukan di pagi dan sore hari secara rutin.

Keempat,  Gigitan Serangga

Khasiat asam jawa sangat terkenal di daerah perkampungan untuk pengobatan akibat digigit serangga, lebah, tawon, kalajengking yang memiliki bisa. Untuk mengobatinya segera siapkan ramuan asam jawa. Caranya, siapkan 3 biji asam jawa kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan pada titik bengkak secara merata.

Kelima,  Menurunkan Kolesterol

Manfaat asam jawa yang satu ini sangat penting untuk orang tua. Kolesterol bisa dikurangi kadarnya dengan ramuan asam jawa. Siapkan 200 gram asam jawa dan tumbuk samapi halus. Tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu diminum sebanyak 3 kali sehari. 

Keenam,  Mengangkat sel kulit mati

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam buah asam jawa dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Caranya, lumatkan daging buah asam jawa dengan sedikit garam dan yogurt sampai terbentuk adonan seperti pasta. Aplikasikan adonan tersebut pada wajah sebagai masker, hindari bagian mata. Diamkan selama 20 menit, sambil dipijat perlahan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian bilas dengan air bersih.

Asam jawa memang dikenal sebagai bahan makanan seperti sayur asam dan yang lainnya. Tetapi tidak hanya sebagai bumbu penyedap melainkan bisa menjadi obat herbal tradisional bagi kesehatan tubuh kita, seperti yang telah diterangkan diatas.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami