Tips Memiliki Persahabatan yang Awet
Sumber: okepuisi.blogspot.com

Single / 24 March 2016

Kalangan Sendiri

Tips Memiliki Persahabatan yang Awet

Mega Permata Official Writer
5795

Tidak mudah untuk menjaga persahabatan, ada saja hal-hal yang bisa menghancurkan persahabatan. Sahabat yang sejati memang sulit untuk ditemukan, makanya sempat ada sebuah ungkapan “Good friend are hard to find.” Atau, apa selama ini kamu cukup kesulitan mendapatkan sahabat walaupun sudah terbuka dan mengasihinya? Berikut beberapa cara untuk menjaga persahabatan tetap langgeng:

Pertama, Fleksibel

Fleksibel merupakan cara paling pamungkas agar hubungan pertemanan kamu bertahan abadi selamanya. Tanpa adanya rasa fleksibel, kamu akan kesulitan untuk menerima perubahan sifat maupun perilaku sahabat kamu sendiri. Sebaiknya, sikapi perubahan yang dilakukan atau terjadi pada sahabat dengan se-fleksibel mungkin. 

Kedua, Komitmen

Akan sia-sia saja apabila kamu berharap persahabatan akan bisa bertahan lama namun tidak mempunyai komitmen yang kuat. Komitmen adalah landasan dasar dalam hubungan sekalipun dalam pertemanan. Apabila kamu memiliki komitmen yang tinggi, maka kamu bisa menaklukan berbagai macam permasalahan yang muncul dalam persahabatan.

Ketiga, Menghargai

Perbedaan status atau perbedaan lainnya terkadang menjadi masalah besar yang sering muncul dalam sebuah pertemanan. Apabila kamu tidak memiliki kesabaran dalam menghadapi perbedaan, pertemanan pun bisa putus.

Keempat, Komunikasi

Semua hubungan dalam keluarga, atau persahabatan hingga pernikahan, memang membutuhkan komunikasi. Komunikasi yang terjalin dengan baik sangat dibutuhkan untuk memecahkan konflik sekalipun hanya sebuah persahabatan. Dengan ini kamu akan memahami apa yang diinginkan teman begitu juga sebaliknya. Walaupun terkadang masalahnya kecil tetaplah untuk terbuka satu sama lain, untuk mempererat tali persahabatan. Jangan ada jaim diantara sahabat.

Kelima, Jaga Keseimbangan

Kamu harus bisa memperlakukan teman kamu seperti kamu ingin diperlakukan. Walaupun kedengarannya mudah, namun hal ini lumayan sulit dalam kenyataannya. Kuncinya adalah mencoba memahami terlebih dahulu kondisi temanmu.

Setidaknya itu beberapa cara menjaga hubungan persahabatan agar tetap awet. Persahabatan yang baik adalah sudah seperti keluarga kita sendiri. Mereka mau menerima kita apa adanya, tidak ada kebohongan, selalu mengingatkan atau mengajarkan kita agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan berkembang. 

Sumber : pediaku.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami