Kesetiaan Mengundang Kelimpahan
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 11 March 2016

Kalangan Sendiri

Kesetiaan Mengundang Kelimpahan

daniel.tanamal Official Writer
7100
Jangan pernah meremehkan masalah kesetiaan dalam hal kecil atau sepele. Karena dari sanalah karakter aseli kita akan terlihat. Prinsip ini sudah lama menjadi 'core value' kerajaan sorga. Jangan kaget jika penghargaan atau award yang paling terkenal di kalangan penghuni sorga adalah 'Faithfulness Award'. "Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu."

Kesetiaan mengundang kepercayaan. Orang yang bisa dipercaya akan menghadirkan kelimpahan. Berkat itu hadir lewat hubungan. Hubungan yang baik dilandasi oleh rasa percaya atau trust. Dan kepercayaan melahirkan kekuasaan. Semua ini terlihat jelas dalam perjalanan karir Yusuf Sang Pemimpi. Sebagai asisten rumah tangga, modal Yusuf hanyalah kesetiaan. Ia hadir di rumah Potifar sebagai budak. Nampaknya setiap sepak terjang 'Prince of Dream' ini diperhatikan oleh tuannya. Saking percayanya sampai Potifar mempercayakan isterinya, harta yang paling berharga. Kepala Penjara ini merasakan dampak kehadiran dan kesetiaan Yusuf dirumahnya.

"Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya, maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf."

Seperti yang tersurat dalam kitab Amsal "Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman." Kesetiaan adalah karakter ilahi. Jangan heran jika Allah selalu memberi bonus atau ganjaran kepada mereka yang berlaku setia. Sebaliknya, ketidak-setiaan selalu menghasilkan penderitaan. Hal ini berlaku dalam segala bidang kehidupan. Hamba yang tidak setia kehilangan kesempatan untuk naik level. Karyawan yang suka bolos tidak pernah dipromosikan. Suami yang selingkuh akan kehilangan kebahagiaan pernikahan. Pelayan Tuhan yang malas akan hidup sengsara.

Kesetiaan adalah karakter, ia produk dari keyakinan. Dalam bahasa Inggris, setia berarti 'faithfulness' atau penuh iman. Kesetiaan adalah buah dari iman yang kuat. Yusuf punya banyak kesempatan untuk menodai kesetiaan terhadap tuannya dengan menerima bujukan isteri Potifar. Namun karena imannya kepada Allah, ia telah menolak rayuan itu meski harus berujung fitnah yang membawanya ke penjara 13 tahun. Bagi Yusuf, lebih baik setia meski menderita, dari pada dosa dan kehilangan kepercayaan yang mengantarkannya menjadi orang nomer dua di negeri adidaya. Jalan pintas sering memotong jalan berkat. Karena itu kalungkanlah kesetiaan di lehermu.

"Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu..."


(Penulis adalah Pdt Paulus Wiratno)




Sumber : Pdt Paulus Wiratno (diedit seperlunya tanpa mengurangi atau menambah maksud penulisan, oleh Daniel Tanamal - Jawaban.com)
Halaman :
1

Ikuti Kami