Manfaat Susu Kedelai Yang Menyehatkan
Sumber: www.manfaatdaun.com

Health / 9 March 2016

Kalangan Sendiri

Manfaat Susu Kedelai Yang Menyehatkan

Mega Permata Official Writer
3141

Tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi agar tubuh bisa bekerja dengan baik. Asupan nutrisi akan terpenuhi  dan didapatkan dengan berbagai cara misalnya melalui olahraga juga sinar matahari. Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan tubuh didapatkan dari asupan makanan salah satunya dengan mengkonsumsi Susu Kedelai. 

Susu kedelai disebut sebagai susu karena minuman ini berwarna sama dengan susu. Jika anda mempunyai alergi dengan susu yang berasal dari hewani, anda bisa mencoba susu kedelai ini. Sebagai bahan utamanya kacang kedelai merupakan salah satu yang mengandung protein nabati. Saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai mengkonsumsinya karena memiliki banyak manfaat serta rasa yang jauh lebih enak. Kacang kedelai baik dikonsumsi oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Berikut manfaat susu kedelai;

Pertama, Rendah Kalori

Kandungan kalori yang terdapat didalamnya cukup rendah yaitu hanya sekitar 45 kalori dari setiap 100ml susu kedelai. Untuk itu, susu kedelai cocok sebagai minuman pilihan bagi orang yang sedang berdiet karena kandungan kalori yang rendah dan bebas lemak.

Kedua, Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Berbeda dengan susu sapi yang memiliki lemak jenuh yang tinggi, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh serta non kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang terkandung dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke aliran darah.

Ketiga, Kesehatan Jantung

Salah satu penyebab kematian terbesar adalah serangan jantung. Dengan mengkonsumsi susu kedelai dengan benar maka bisa membantu dalam mencegah penggumpalan darah atau kolesterol dalam pembuluh darah sehingga serangan jantung dapat dicegah. Penelitian telah merekomendasikan bahwa untuk melakukan diet rendah lemak jenuh serta sodium dan tinggi protein guna untuk mencegah masalah kardiovaskular. Mengkonsumsi secangkir susu kedelai mengandung 3.6gr lemak, 0.5gr lemak jenuh, 6.3 gram protein, dan 104 kalori. 

Keempat, Resiko Diabetes

Protein nabati yang terkandung dalam susu kedelai dapat dicerna lebih mudah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani yang terdapat pada susu sapi. Susu kedelai memiliki kandungan dua zat gizi mikro yang dapat ikut berkontribusi dalam perkembangan diabetes tipe 2 yaitu magnesium dan vitamin D. Orang-orang yang cenderung memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat tersebut memiliki resiko yang lebih besar terkena diabetes tipe 2. Mengkonsumsi secangkir susu kedelai dapat mencegah terjadinya kasus tersebut. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan 8.6 % dari magnesium serta 18% vitamin D. Selain itu, susu kedelai merupakan salah satu makanan yang aman bagi penderita diabetes tipe 2.

Kelima, Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan karena bertambahnya usia serta kekurangan hormon. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai mampu untuk mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh serta dapat mencegah hilangnya massa tulang yang dapat mengakibatkan osteoporosis. Dengan mengkonsumsi susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan serta memiliki kandungan vitamin D.

Diatas  beberapa manfaat susu kedelai dan tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi susu kacang kedelai. Anda harus tahu batas mengkonsumsinya jika anda memiliki keterkaitan dengan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan tiroid ataupun alergi terhadap susu kacang kedelai. 

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami