RIP Ireng Maulana dan Album Rohani yang Tak Kesampaian

RIP Ireng Maulana dan Album Rohani yang Tak Kesampaian

Lori Official Writer
4673

Gitaris Jazz legendaris Indonesia, Ireng Maulana (71) kabarnya telah menghembuskan nafas terakhir pagi tadi pukul 00.15 WIB. Seperti disampaikan putra keduanya, Tomi Maulana, sang ayah mengaku sempat mengeluhkan sesak nafas usai mengisi acara Java Jazz 2016 di Pondok Indah dan Senayan, Jakarta Pusat.

Tomi menuturkan, Ireng meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat. “Sepertinya saat dibawa ke rumah sakit tidak tertolong dari tempat show-nya di kawasan Senayan,” ucap Tomi, seperti dilansir Kompas.com, Senin (7/3).

Ia menambahkan bahwa sang ayah sebenarnya tidak mengalami gangguan kesehatan sejak beberapa tahun lalu. Namun dia tidak membantah jika sang ayah suka mengeluhkan sesak napas dan ada semacam cairan di paru-paru. “Sebenarnya sih nggak ada sakitnya. Sudah di-cover dari beberapa tahun lalu. Tapi memang suka ada sesak napas dan kemarin itu ada cairan di paru-paru. Udah beberapa tahun dan nggak kambuh. Memang suka ada cairan itu,” ucapnya.

Saat masa kritis pria bernama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana itu, keluarga tidak sempat menyaksikan saat-saat terakhirnya. Sang istri, Maria Maulana menyampaikan bahwa Ireng meninggal karena sakit jantung. Dia tampak sedih lantaran pria yang telah mendampinginya hingga akhir hayat itu sesungguhnya masih punya mimpi yang belum terwujud. “Dia mau rekaman lagu rohani. Baru ngumpulin lagu, baru baca-baca,” ucapnya.

Sejak berkarir di dunia musik, pria kelahiran 15 Juni 1944 ini telah menghasilkan 17 album. Berbagai prestasi diraihnya, baik dalam maupun luar negeri. Bahkan ia pernah tampil dengan bendera Ireng Maulana All Stars di Festival Jazz International Singapura tahun 1983. Dan panggung Java Jazz 2016 tadi malam, menjadi penampilan terakhirnya di musik Jazz tanah air.  

Seperti direncanakan, Ireng rencananya akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (7/3). Selamat jalan Ireng Maulana, karyamu akan tetap dikenang!

Sumber : Kompas.com/Okezone.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami