Kejujuran Kunci Keselamatan

Kejujuran Kunci Keselamatan

Mega Permata Official Writer
4035

Surya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta. Dia telah bekerja selama 10 tahun sebagai petugas pengisian dan melakukan perawatan terhadap mesin-mesin ATM. Kisahnya diawali dari sebuah kesalahan sistem disalah satu mesin ATM, dimana kemudian membuatnya harus berurusan dengan pihak berwajib akibat dituduh melakukan pencurian uang.

Karena merasa tidak bersalah, Surya berusaha membela dirinya. Dihadapan para penyidik dari kepolisian dan beberapa pimpinannya Surya menceritakan kembali apa saja yang telah dia lakukan selama bertugas melakukan pengisian. 

Dari hasil investigasi akhirnya diketahui ada selisih sekitar 5 juta rupiah yang raib begitu saja, tanpa diketahui siapa yang telah mengambilnya. Sehingga satu-satunya orang yang dicurigai adalah petugas yang waktu itu melakukan pengisian.

Berbekal tekad kuat serta keyakinan tidak bersalah, Surya berusaha menghadapi dengan berani para penyidik dan memohon dilakukan investigasi ulang dengan melibatkan vendor pembuat mesin ATM agar bisa diketahui dengan pasti penyebabnya. Selama menunggu hasil investigasi Surya dinonaktifkan sementara dari tugas-tugasnya. Ia terus bersabar dan tak henti-hentinya berdoa kepada Tuhan agar kejadian yang sedang menimpanya segera berakhir, dan ia dapat segera kembali bekerja supaya keluarganya tetap dapat dinafkahi.

Tiga minggu dalam penantian yang penuh harapan dan doa, Surya kemudian menerima kabar yang sangat menggembirakan. Ia dipanggil kembali bekerja dan proses investigasi telah membuahkan hasil. Ternyata diluar dugaan telah muncul pengakuan seorang ibu yang tiba-tiba mengembalikan uang sebesar 5 juta rupiah kepada pihak bank karena merasa uang tersebut bukanlah miliknya. 

Menurut pengakuannya, ia sama sekali tidak menduga saat melakukan penarikan uang di ATM sebesar 1 juta rupiah, ternyata mesin memprosesnya sebanyak 5 kali. Selama 3 minggu terakhir, si ibu mengalami kontak batin. Si ibu bingung memilih untuk jujur dan mengadukannya ke pihak bank atau memilih untuk diam dan menggunakan uang yang bukan miliknya tersebut. Namun, akhirnya sang ibu memutuskan melapor kepada pihak Bank. 

Lewat kisah ini digambarkan bagaimana kejujuran dan penyerahan diri serta doa kepada Tuhan membuat Surya tidak takut akan masalah berat yang dihadapinya. Kejujuran sang ibu juga tanpa disadari membuat orang lain terlepas dari masalah berat yang dipikul Surya. Kejujuran adalah sebuah pelindung disaat tidak ada orang lain yang mampu menyelamatkan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita selalu mengandalkan kejujuran dalam setiap perbuatan dan perkataan. Seperti dalam ayat mengatakan, “Siapa bersih kelakuannya, aman jalannya. Tetapi siapa berliku-liku jalannya akan diketahui.” (Amsal 10:9)

Sumber : Keluarga.com
Halaman :
1

Ikuti Kami