Suasana Kantor Ternyata Pengaruhi Produktifitas, Seperti Apa Kantormu?
Sumber: Google

Finance / 25 February 2016

Kalangan Sendiri

Suasana Kantor Ternyata Pengaruhi Produktifitas, Seperti Apa Kantormu?

Puji Astuti Official Writer
3575

Jika Anda ditanya, "Ingin kerja di kantor yang seperti apa?" kira-kira jawaban Anda apa? Beberapa teman saya menjawab ingin kantor seperti Google, mengapa? Karena berbagai fasilitas dan ruang kantor yang indah dan kreatif. Tapi apakah ada hubungannya antara tampilan kantor dengan produktifitas seorang karyawan? Ternyata riset membuktikan bahwa kedua hal tersebut berhubungan.

Sebuah riset menyatakan bahwa mulai dari karya seni yang dipajang di dinding atau meja kerja dengan pencahayaan yang cukup dan alami dapat meningkatkan produktifitas karyawan. Untuk itu, desain bangunan dan juga interior sebuah kantor sangat penting menjadi pertimbangan bagi pengusaha dalam membangun suasana kerja.

"Pandangan yang jauh, menjauhi layar komputer atau dokumen, membuat mata melakukan penyesuaian dan fokus kembai, akan mengurangi rasa lelah, sakit kepala dan dampak dari saraf mata yang tegang akibat fokus dalam waktu yang lama. Pemandangan dapat juga berdampak positif bagi kesejahteraan seseorang, sebagai bagian dari koneksi psikologis dengan sekelompok orang lain di sebuah ruangan yang aman," demikian laporan yang dibuat oleh World Green Building Council.

Selain pandangan yang luas dan pencahayaan yang cukup, beberapa tahun terakhir ini berkembang dengan penempatan tanaman dan juga ruang terbuka hijau di perkantoran. Ruang kantor yang menyediakan taman secara psikologis dapat meningkatkan aktifitas otak dan menurunkan hormon stres. Menurut penelitian dari Harvard University bahwa performan "green office" dua kali lipat jika dibandingkan dengan lingkungan kantor konvensional.

"Pemandangan (hijau-red) tidak harus ruangan yang luas dan besar. Ini bisa cukup taman di atas kantor, halaman dengan tanaman hijau, dll. Dengan kata lain, desainer dapat membuat tampilan alami di daerah urban," demikian jelas John Alker, direktur pembuat kebijakan dan kampanye UK Green Building Council.

Jadi, saat ini Anda bisa membuat pertimbangan di kantor seperti apakah Anda ingin bekerja. Sewaktu melakukan wawancara adalah saat terbaik untuk mencari tahu seperti apakah suasana dan kondisi kantor serta ruang kerja Anda nantinya. Jika menurut Anda tidak sesuai dengan yang  Anda harapkan, maka Anda bisa mempertimbangkan ulang apakah Anda akan menerima tawaran kerja tersebut atau tidak. Pastikan tempat kerja Anda nyaman dan mendukung Anda untuk memberikan produktifitas yang maksimal.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.



Sumber : Theguardian.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami