Yuk Ajarkan Memasak Pada si Kecil
Sumber: Google

Parenting / 24 February 2016

Kalangan Sendiri

Yuk Ajarkan Memasak Pada si Kecil

Mega Permata Official Writer
2326

Anda jangan takut jika anak anda ingin ikut terlibat di dapur. Terkecuali anak anda masih dibawah umur 5 tahun. Khusus jika anak yang sudah berusia 5 tahun ke atas anda bisa mengajaknya untuk membantu memasak. Terlebih  ajari memasak atau menyiapkan beberapa bahan makanan simple, seperti kue kering atau membuat es sop buah. Hindari juga dengan benda tajam seperti pisau atau yang lainnya.

Ketahuilah bahwa ada manfaat dibalik mengajarkan si kecil memasak. Berikut 8 manfaat mengajarkan si kecil memasak;

Pertama. Kegiatan yang berguna. Berikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat selepas dari kegiatan sekolah. Timbulkan minat mereka terhadap suatu hobi sejak kecil dan buatlah hal itu menjadi ketrampilannya.

Kedua. Menambah Komunikasi. Hal ini juga dapat menambah hubungan antara orang tua dan anak semakin erat. 

Ketiga. Mengenalkan Makanan sehat sejak dini. Anak-anak membutuhkan makanan sehat maka terapkan hidup sehat sedari dini. Sang ibu atau ayah bisa menjelaskan manfaat-manfaat dari bahan makanan yang akan dibuat. Dengan begitu anak-anak akan sadar dan memilih untuk memakan makanan sehat.

Keempat. Belajar menghemat. Biasakan anak-anak anda untuk tidak membeli makan di luar rumah. Dengan memasak sendiri mereka tidak perlu sering makan di luar dan ini juga mengajarkan untuk berhemat. 

Kelima. Berdikari atau Mandiri. Kelak bila mereka sudah beranjak dewasa dan tinggal terpisah dengan orang tua, mereka tidak perlu lagi canggung menyiapkan makanan untuk dirinya. 

Keenam. Berkarier. Ketrampilan memasak juga dapat digunakan untuk masa depan. Dapat mereka gunakan bila ingin membuka usaha sendiri seperti restoran ataupun juga dapat bekerja untuk restoran besar dan hotel berbintang lima.

Ketujuh. Menjauhkan Anak-anak dari Pergaulan Buruk. Hal ini dapat menghindarkan mereka ke dalam pergaulan yang buruk.

Kedelapan. Menambah Rasa Percaya Diri. Dengan memiliki ketrampilan dan bakat memasak seorang anak merasa lebih percaya diri. 

Kita sebagai orang tua akan merasa bangga bila anak kita memiliki ketrampilan khusus yang dapat berguna bagi yang lain, seperti hal memasak atau tata boga. 

Sumber : Keluarga.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami