Mengapa Orang Kristen Perlu Berdoa Sebelum Makan?
Sumber: theinnovativemama.com

Kata Alkitab / 22 February 2016

Kalangan Sendiri

Mengapa Orang Kristen Perlu Berdoa Sebelum Makan?

Lori Official Writer
42761

Berdoa sebelum makan seharusnya menjadi hal yang indah. Hal ini adalah bentuk ucapan syukur yang terpuji kepada Allah sumber dari segala berkat. Karena masih diberikan makanan untuk disantap adalah bentuk belas kasih Allah kepada kita.

Doa sebelum makan adalah bentuk syukur kepada Tuhan

Bagi kita yang hidup di dunia yang makmur dan tidak pernah mengalami kekurangan bahan makanan mungkin akan merasa bahwa semua yang ada terlihat biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa dan yang perlu dikagumi dari hal itu. Tetapi tahukah Anda bahwa itu adalah sisi buruk dari hidup dalam kelimpahan. Kita manusia rentan mengalami sikap serakah itu bukan? Kita menjadi buta dan lupa bahwa kita perlu memberikan sedikit pujian untuk apa yang kita miliki kepada Tuhan, karena kita masih belum hidup di surga yang serba lengkap. Seharusnya kita mensyukuri sekecil apapun yang Tuhan berikan saat ini. Berdoa sebelum menyantap makanan dihadapan kita adalah bentuk syukur sederhana yang Tuhan inginkan dari kita.

Percaya bahwa makanan adalah keajaiban

Allah memberikan tujuan yang lebih besar dibanding hanya sekedar mendapatkan makanan. Dia menjadikan makanan sebagai sumber energi dan nutrisi bagi tubuh kita sehingga kita beroleh kekuatan setelah menyantapnya. Tuhan bahkan membuat makanan dengan beragam struktur, baik melalui bau, rasa dan tekstur yang menyenangkan bagi kita. Dia juga bahkan membuat makanan sebagai bentuk hidangan yang mempersatukan kita dengan orang lain di meja makan, seperti kebiasaan menikmati hidangan sembari berbagi cerita. Dia juga membuat proses memasak makanan sebagai sebuah seni pelayanan seorang hamba yang rendah hati.  Dengan kata lain, makanan menjadi sumber kekuatan, sukacita, persekutuan dan pelayanan.

Menjadi masuk akal bukan bahwa kita memang perlu berdoa sebelum makan. Kebiasaan berdoa ini harus menjadi kebiasaan dalam hidup orang percaya. Karena menerima hidangan yang disediakan dengan hati yang bersyukur adalah sikap hati yang dikehendaki Tuhan.

Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa. (1 Timotius 4: 4-5).

Untuk itulah kita harus memastikan untuk mengajar anak-anak kita berdoa sebelum makan. Kunci dari berdoa makan adalah untuk menerima berkat dari Tuhan dengan ucapan syukur. Doa makan bukan seperti mantra yang diucapkan agar makanan kita ‘diberkati’. Tetapi meminta kepada Tuhan sebagai sumber penyedia agar makanan itu memberi kekuatan baru bagi tubuh kita.

Sebagian besar orang tua mengajarkan anak-anaknya tentang doa makan yang pendek dan akan diminta untuk digunakan setiap kali akan menyantap makanan. Cara ini bisa diterapkan kepada anak-anak yang masih baru belajar berdoa. Tetapi bagi orang dewasa, sangat disarankan untuk menemukan doa-doa yang berbeda sebagai ucapan syukur kepada Allah atas hidangan yang akan kita santap di atas meja.

Sumber : Desiringgod.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami