Kerap Picu Kontroversi, Paus Sebut Donald Trump 'Bukan Kristen'
Sumber: metrotvnews.com

Internasional / 20 February 2016

Kalangan Sendiri

Kerap Picu Kontroversi, Paus Sebut Donald Trump 'Bukan Kristen'

Lori Official Writer
3893

Setelah menyebut kunjungan pemimpin gereja Katolik Paus Fransiskus ke Meksiko sebagai kepentingan politis, kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendapat julukan baru dari Paus. Ia menyebut Trump 'bukanlah Kristen' karena hampir semua pernyataan yang disampaikan dalam kampanyenya bertujuan untuk mendeportasi pengungsi gelap Meksiko.

"Seseorang yang hanya memikirkan membangun dinding, dimanapun mereka berada, dan tidak (berniat) membangun jembatan, bukanlah seorang Kristen," demikian ucapan Paus Fransiskus yang disampaikan saat dalam perjalanan pulang ke Roma, Italia, seperti dikutip New York Times, Kamis (18/2).

Terkait kontroversi yang kerap dibuat Trump, Paus mengaku tidak berniat mempengaruhi umat Katolik dalam perhelatan pemilihan Presiden AS mendatang. Ia mengatakan 'tidak akan terlibat' karena dirinya hanya menanggapi kritikan pengusaha besar AS itu terhadap dirinya dengan sebuah peringatan. "Kita harus melihat apakah dia mengatakan hal-hal itu dengan caranya dan dalam hal ini saya memberikan manfaat," tandas Paus.

Paus menyampaikan hal itu setelah mengakhiri perjalanan ke Meksiko selama lima hari. Selama kunjungan, paus telah melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari memimpin misa besar di kota perbatasan Ciudad Juarez serta menyempatkan diri untuk meletakkan karangan bunga pertama di perbatasan Rio Grande sebagai peringatan bagi para pengungsi yang tewas saat mencoba menyeberangi perbatasan.

Sumber : CNN/NYT/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami