Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2057


Hari kasih sayang atau valentine adalah kesempatan menyenangkan yang harus dirayakan bersama keluarga tercinta. Anak-anak bahkan pasangan pasti akan suka jika hal itu dirayakan dengan seru-seruan. Manfaatkan valentine kali ini untuk mengisi kenangan anak-anak tentang hal-hal menyenangkan seusai melewati hari-hari yang terasa berat.

Berikut 8 ide bersenang-senang bersama yang bisa dilakukan:

1. Bangunkan anak-anak dengan lagu-lagu cinta

Di hari valentine, buatlah keseruan berbeda saat hendak membangunkan anak-anak. Ayah dan ibu bisa menantunkan lagu cinta, jika kemungkinan. Tidak harus punya suara yang merdu, tetapi hanya perlu persiapan maksimal atau mungkin bernyanyi sembari melantunkan puisi menyentuh. Setelah mereka merasa terkesan, ajak mereka untuk bernyanyi seru-seruan.

2. Buatkan sarapan pancake bentuk hati

Bekali anak-anak dengan menyajikan makanan yang berbeda dari biasanya. Jika menyajikan sirup, krim, selai, buah segar sudah sangat biasa, maka buatlah sesuatu yang berbeda. Salah satunya bisa dengan membuatkan bekal makanan berbentuk hati, misal pancake bentuk hati, nasi goreng yang ditata dengan bentuk hati atau roti tawar dengan hiasan-hiasan penuh berbentuk hati.

3. Taruh selembar surat cinta ke dalam kotak makan anak

Pastikan mereka bisa menemukan surat yang telah ditaruh. Jika anak-anak smembawa bekal makan siang, tempelkan surat di atas tutup kotak makan supaya mereka bisa menemukannya dengan mudah. Atau selipkan surat diantara halaman buku yang dia akan pakai saat sekolah.

4. Tanyakan anak-anak ide makan malam menarik untuk valentine


Sudah direncanakan sebelumnya bahwa seluruh keluarga akan merayakan valentine dengan makan malam bersama. Untuk menentukan restoran yang tepat, libatkan anak memilih tempat hingga menu makanan yang perlu dipesan. Biarkan mereka memilih sesuai dengan selera mereka masing-masing.

5. Ajak anak-anak ungkapkan cinta kepada keluarga dekat

Anak-anak harus dibiasakan mengungkapkan cinta kepada orang lain sejak dini. Untuk itu, hari valentine bisa dimanfaatkan untuk mengajak anak mengungkapkan cinta kepada keluarga terdekat, seperti kakek dan nenek. Jika jarak tidak memungkinkan, bisa menggunakan Skype untuk berkomunikasi dengan mereka.

6. Ajak anak berkreasi lewat hiasan-hiasan cinta

Ajak anak-anak membuat hiasan berbentuk hati dari kertas berwarna merah atau merah muda dalam berbagai ukuran. Lalu minta mereka mengungkapkan rasa cinta mereka kepada siapa saja yang mereka kasihi, bisa tetangga, teman sekolah, guru sekolah minggu atau orang-orang terdekat. Unglapan itu bisa berupa kalimat seperti, “Kami senang punya tetangga seperti kalian”, “Senyuman Anda selalu membuat kami merasa dikasihi.” Atau “Terima kasih Ms. Linda karena sudah mengajarkan saya tentang Tuhan sdi sekolah minggu.”, dan sebagainya.

7. Berikan anak-anak hadiah

Jika anak-anak biasanya memberikan guru-guru mereka ucapan atau hadiah valentine, maka giliran orang tua juga bisa melakukan hal serupa. Berikanlah hadiah yang mereka sukai sebagai ungkapan kasih orang tua kepada anak-anaknya. Tidak harus mahal dan mewah, pilihlah hadiah sederhana yang memang berguna untuk kebutuhan mereka.

8. Ajak keluarga membuat video pendek yang seru saat merayakan valentine

Isilah hari valentine Anda dengan keseruan menyenangkan dengan keluarga. Mungkin orang tua perlu meniru keakraban dan kegokilan keluarga masa kini saat berkumpul bersama, bisa dengan membuat video kocak dan menyenangkan keluarga saat merayakan valentine di rumah atau liburan di pantai. Seru bukan?

Mengungkapkan rasa cinta memang tidak harus menunggu hari valentine tiba karena hal itu bisa dilakukan setiap harinya. Namun, beberapa ide tetap bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari saat orang tua sebagai cara untuk merawat hubungan orang tua dan anak-anaknya.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Familyshare.com/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:18:42

Anak muda mulai meninggalkan gereja

0 Answer

Abdul Hamid 16 November 2019 - 05:58:24

Sy di tinggal kabur istri sdh 1 bulan alsan istri .. more..

2 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2