Benarkah Urutan Lahir Pengaruhi Karakter Anak?

Parenting / 1 February 2016

Kalangan Sendiri

Benarkah Urutan Lahir Pengaruhi Karakter Anak?

Theresia Karo Karo Official Writer
3695

Selama ini kebanyakan penelitian menyebut bahwa urutan kelahiran memengaruhi kepribadian anak. Anak sulung kerap dianggap ambisius, sementara anak bungsu lebih memberontak, dan anak tengah membenci semua perhatian yang didapat saudaranya.

Akan tetapi studi terbaru menemukan hal sebaliknya, meski masih ada kemungkinan bahwa anak sulung cenderung lebih pintar. Profesor di University of Leipzig, Stefan Schmukle menyebutkan bahwa urutan lahir mungkin menunjukkan bahwa anak sulung lebih pintar dan memiliki IQ tinggi karena besarnya perhatian orang tua yang didapatkannya.

“Yang pertama lahir mendapat lebih banyak rangsangan intelektual dan yang selanjutnya kurang dari itu," jelas Schmukle seperti yang dikutip dari Today (3/1).

Studi ini meneliti data dari tiga survei besar yang dilakukan di Inggris, Amerika Serikat, dan Jerman. Analisis Schmukle dan rekan-rekannya ini melibatkan 20.000 orang dewasa. Hasilnya, urutan kelahiran hampir tidak berdampak pada lima ciri-ciri kepribadian, ekstroversi, kestabilan emosi, kesadaran, keramahan, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

Walau begitu, dampak urutan kelahiran pada kepribadian mungkin terjadi saat masih anak-anak. Seiring bertambahnya usia hal ini akan memudar.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Liputan6/Jawaban.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami