PGI: LGBT Penyakit yang Harus Disembuhkan
Sumber: Daniel Tanamal - Jawaban.com

Nasional / 27 January 2016

Kalangan Sendiri

PGI: LGBT Penyakit yang Harus Disembuhkan

Lori Official Writer
8159

Beberapa hari ini publik diramaikan pemberitaan tentang aktivitas kaum LGBT yang sudah masuk lingkungan kampus. Organisasi SGRC (Support Group and Resource Center for Sexual Studies) dikabarkan menyediakan jasa konsultasi bagi mahasiswa-mahasiswi LGBT yang merasa terdiskriminasi dan tindakan ini akhirnya meluap menjadi kontroversi yang mengatakan bahwa mereka mendukung keberadaan LGBT.

Di tengah kontroversi ini, Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Jerry Sumampouw kembali memberikan pandangan terkait kelompok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang semakin membingungkan banyak orang. Jerry mengatakan bahwa PGI sepakat bila LGBT dianggap penyakit yang harus disembuhkan.

Kendati begitu, dia mengingatkan agar kelompok ini tidak dijauhi dan mendapat perlakuan diskriminatif. “LGBT bisa dianggap penyakit, karena itu harus disembuhkan. Tapi, tidak bisa pelaku LGBT dilegalkan mendapatkan perilaku diskriminatif dan kekerasan,” ucapnya.

Seperti diketahui, sebagian besar mereka yang menjadi LGBT disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Sebagian lainnya karena kondisi fisik yang tidak sewajarnya. Oleh sebab itu, Jerry menegaskan bahwa jenis penyakit ini bisa saja disembuhkan apabila ditangani dengan benar, baik secara medis, psikologis maupun pendekatan keagamaan.

Kasus LGBT ini memang menjadi topik bahasan yang sudah lama muncul, namun PGI menyadari betul bahwa di internal PGI sendiri belum ada keputusan yang sah tentang status LGBT ini. Pengambilan keputusan ini dianggap sulit lantaran perbedaan pandangan diantara gereja. Ada yang menerima jemaat LGBT secara terbuka dan ada pula yang menolak.

Meski PGI tetap menegaskan bahwa LGBT adalah tindakan menyimpang, tetapi mereka tetap harus diakui sebagai manusia dan dilindungi hak-hak hidupnya oleh negara. Sebab kaum LGBT sama seperti setiap orang yang memiliki sisi yang tidak baik dalam dirinya serupa dengan pelaku korupsi dan kejahatan lainnya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami